Kodim & PMI Bojonegoro Gelar Sosialisasi Sibat di TMMD Imbangan


CERITARELAWAN.ID, BOJONEGORO -  Sejumlah agenda kegiatan dalam rangkaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun 2020 diwilayah Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, seperti halnya pada hari ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Kodim 0813 Bojonegoro menggelar Sosialisasi Siaga Bencana dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (SIBAT), Rabu (1/7/2020). 

Sosialisasi SIBAT, yang dilangsungkan di Balai Desa Lebaksari, Kecamatan Baureno ini merupakan salah satu sasaran non fisik TMMD Imbangan 2020 Kodim 0813 Bojonegoro dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Sekretaris PMI Cabang Bojonegoro Sukohawidodo, pemateri pada kegiatan ini menyampaikan sosialisasi tentang Undang-Undang Kepalangmerahan terkait dengan pertolongan pertama jika terjadi potensi bencana.

"Sosialiasi SIBAT dilakukan karena di Desa Lebaksari yang dijadikan kegiatan TMMD Imbangan Kodim 0813 Bojonegoro adanya potensi bencana seperti banjir bandang dan tanah longsor. Adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat bisa mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana tersebut," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danramil 0813-06/Baureno Kapten Inf Marwoko, Suswandono, mengatakan upaya penanganan bencana saat ini menitikberatkan pada parsitipatif masyarakat. Sehingga masyarakat diharapkan juga menjadi pelaku dalam penanggulangan bencana.

"Hal ini untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dalam kesiapsiagaan untuk mencegah, dan mengurangi dampak atau resiko bencana jika terjadi dilingkungannya," pungkasnya.

Turut dalam sosialiasi ini Kepala Desa Lebaksari, Zaenal Abidin, beserta perangkat serta tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

Pewarta : Ghufron
Editor : amin
Copyright@CERITARELAWAN2020
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url