PMI Terus Bantu Pemerintah Tanggulangi Covid-19


CERITARELAWAN.ID, JAKARTA - Paska dua kasus terkonfimasi positif covid-19 di Indonesia pada awal Maret lalu, sejumlah upaya dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam membantu pemerintah menanggulangi wabah Covid-19. Sebanyak 34 PMI Propinsi kompak melakukan pelayanan berupa pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19.  Penyemprotan disinfektan hingga penyaluran sembako bagi warga terdampak pandemi dilakukan ribuan relawan PMI di berbagai daerah.

Hingga 30 Juni, Pusat Data dan Informasi PMI mencatat, sebanyak 81.521 lokasi telah disemprot disinfektan oleh tim penyemprot di seluruh Indonesia. Operasi menggunakan truk penyemprot (gunner), sprayer gendong, mobil bak terbuka, hingga motor beroda tiga (bentor) ini didukung TNI dan Polri di berbagai wilayah.

"PMI Pusat telah mengirimkan bantuan kepada PMI Propinsi dan Kabupaten/Kota berupa 8.671 unit sprayer, terutama di lokasi episentrum wabah seperti Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Penerima manfaat layanan PMI ditaksir mencapai 53.458.484 jiwa," kata Arifin Muhammad Hadi, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat.

Dalam hal pencegahan penularan, PMI aktif menyebarluaskan imbauan kesehatan melalaui beragam kanal media sosial. Penyebaran imabuan ini tercatat menjangkau sedikitnya 4, 8 juta jiwa. Imbauaun atau promosi kesehatan itu juga dilakukan dengan terjun langsung ke masyarakat sembari membagikan paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan sembako.

"Paket PHBS untuk pencegahan yang sudah disalurkan sebanyak  864.900 paket. Kami juga membagikan 2,6 juta masker kain kepada masyarakat melalui PMI daerah," imbuhnya.

PMI Pusat juga menyalurkan serta membekali petugas medis dan para relawan dengan alat pelindung diri (APD). Total sebanyak 21.732 baju hazmat dibagikan PMI kepada petugas medis serta relawan. Kelengkapan lainnya, berupa masker N95 dan masker medis juga dibagikan ke mereka.

"Sarung tangan medis yang disalurkan sebanyak 1.078.172, ditambah sarung tangan karet sebanyak 6.476 buah, dan ribuan perlengkapan lainnya seperti kacamata gogles, sepatu boot, dan, pelindung wajah," tukas Arifin.

Adapun total donasi yang telah dihimpun PMI hingga 19 Juni 2020 mencapai Rp 61.187.549.432.71. Donasi tersebut akan terus PMI himpun dan salurkan untuk membantu pemerintah dalam operasi penanggulangian pandemi covid-19.

Pewarta : ghufron
Editor     : amin
Copyright@CERITARELAWAN2020

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url