Inspiratif, Donor Darah di Karang Duren, Pendonor Dapat Bibit Pohon


ceritarelawan.id JEMBER – Relawan pendonor yang berada di kampung donor darah di Desa Karangduren Kecamatan Balung punya inovasi. Para relawan memberikan hadiah berupa satu bibit pohon kepada para pendonor. Kegiatan donor darah berhadiah bibit pohon sudah dilaksanakan Kampung Donor darah sekitar sepekan lalu.

Tapi inovasi para relawan pendonor darah Kampung Donor Karang Duren patut diacungi jempol. Apalagi, bibit pohon tersebut swadaya dari relawan Kampung Donor Karang Duren sendiri. Apalagi, Kampung Donor Karang Duren sudah rutin menggelar kegiatan donor darah sukarela. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengapresiasi para pahlawan kemanusiaan di Kampung Donor Desa Karangduren. “Kami ucapkan banyak terima kasih atas pengabdian para relawan di kampung donor Desa Karangduren. Inovasi bisa ditularkan ke kampung donor lainnya,” kata EA Zaenal Marzuki SH MH. 

Dia menjelaskan, jerih payah para relawan di Kampung Donor Karang Duren tidak hanya bermanfat bagi penerima bantuan darah dari para pendonor. Para pendonor juga mendapatkan manfaat dengan mendapatkan bibit pohon. “Sumbangan kawan-kawan relawan pendonor darah karang duren luar biasa,” ungkapnya. 

Tak hanya itu, dalam kegiatan donor darah itu juga disediakan nasi jagung. Para relawan pendonor diperbolehkan makan nasi jagung yang disiapkan panitia. Dari catatan PMI Kabupaten Jember, kampung donor Karang Duren sudah menyelenggarakan kegiatan serupa 7 kali. Setiap kegiatan donor darah diikuti puluhan warga setempat. “Alhamdulillah donor darah kemarin di tengah pandemi dapat 30 kantong lebih,” kata Shaly, salah satu relawan pendonor dari Kampung Donor Karang Duren. 

Dia mengakui, saat pandemi Covid-19 antusiasme pendonor menurun. “Biasanya dapat 50 an kantong, karena pandemi dapat 30 tapi itu sudah bagus,” ujarnya. Sebab, banyak masyarakat yang enggak berkerumun saat pandemi Covid-19. 

Tak hanya itu, dia menjelaskan, selama kegiatan donor darah sukarela dilakukan dengan protokol kesehatan dengan ketat. Setiap pendonor yang baru datang di cek suhu tubuhnya. Relawan pendonor juag diminta cuci tangan. “Para pendonor yang antre juga dijaga jaraknya antara satu orang dengan orang lain,” imbuh Titin Ariani, relawan pendonor dari Kampung Donor Karang Duren lainnya. 

Penulis/pewarta ghufron (humas PMI Jember)
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN2020

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Inspiratif, Donor Darah di Karang Duren, Pendonor Dapat Bibit Pohon"