Peringati Sumpah Pemuda, Firstone Jersey Factory Gandeng PMI Jember Gelar Donor Darah


ceritarelawan.id, Jember  – Puluhan warga Jember punya cara sendiri dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tiap 28 Oktober. Firstone Jersey Factory bersama warga sekitar di Jalan Hayam Wuruk Kaliwates menggelar donor darah bersama Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Hasilnya, mendapatkan 95 kantong darah. 

Sedangkan sebagian relawan pendonor lainnya belum beruntung karena dinilai belum memenuhi syarat untuk ikut donor darah. Antara lain karena tensi terlalu tinggi atau terlalu rendah, juga HB-nya tidak memenuhi standar kesehatan. Selain mendapatkan bingkisan dari UDD PMI Kabupaten Jember, para relawan juga mendapatkan 5 kg beras dari Firstone Jersey Factory.

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengapresiasi F1 Jersey yang menjadi penyelenggara kegiatan donor darah dalam rangka Hari Sumpah Pemuda. “Kami apresiasi F1 Jersey juga para relawan pendonor yang ikut sedekah darah dalam rangka Hari Sumpah Pemuda,’ kata H EA Zaenal Marzuki. 

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan donor darah sukarela, termasuk yang diselenggarakan F1 Jersey dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.  “’Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin yaitu wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak fisik,” imbuhnya. 

Wakil ketua Peradi Pusat itu menjelaskan, sepanjang pandemi Covid-19 pelaksanaan donor darah sempat mengalami penurunan tajam. Khususnya saat awal Pandemi Covid sekitar Maret-April 2020 lalu. Pasalnya, kegiatan berkumpul seperti donor darah tidak diperbolehkan. 

Selain itu, masyarakat, khususnya para relawan pendonor juga banyak yang stay at home tidak berani keluar rumah. Agar tidak tertular Covid-19. ‘’Pada awal pandemi, para relawan pendonor juga takut untuk ikut kegiatan donor darah,” imbuhnya. Akibatnya, saat itu, kegiatan donor darah mengandalkan relawan pendonor datang langsung ke kantor UDD PMI Kabupaten Jember di Jl Srikoyo Nomor 115 Patrang.

Namun, setelah ada new normal kegiatan donor darah berangsur-angsur kembali pulih, kegiatan donor darah sudah diizinkan, bahkan, sebelum new normal, tetapi dengan kewajiban mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “”Alhamdulillah kini sudah mulai pulih, stok darah mencukupi dan selalu bisa memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit-rumah sakit di Jember dan sekitarnya,” ujarnya. 

Sumber Humas PMI Jember (ghufron)
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN2020
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url