Siaga Gempabumi Saat Pandemi, PMI Banyuwangi Susun SOP


ceritarelawan.id, Banyuwangi - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur selama dua hari yaitu 23 - 24 oktober 2020 telah melakukan lokakarya penyusunan dokumen standar oprasional prosedur (SOP) Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi sebagai langkah kesiapsiagaan bencana dan antisipasi terjadinya gempa bumi di Kabupaten Banyuwangi.

Bertempat di Aula PMI Kabupaten Banyuwangi, kegiatan ini diikuti oleh peserta dari internal PMI Kabupaten Banyuwangi, meliputi pengurus, staf Markas, serta perwakilan relawan anggota Korps Sukarela (KSR) maupun TSR (Tenaga Sukarela) Markas sebanyak 20 orang dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.


Penyusunan SOP tersebut bertujuan untuk memberikan petunjuk dan kejelasan langkah yang harus dikerjakan oleh jajaran 3 Pilar PMI Kabupaten Banyuwangi (Pengurus, Staf dan Pelawan) dalam melaksanakan upaya tanggap darurat bencana di Kabupaten Banyuwangi secara terintegrasi bersama dan di bawah koordinasi BPBD Kabupaten Banyuwangi beserta segenap jajaran terkait.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program kesiapsiagaan gempa bumi yang dilaksanakan melalui dukungan PMI Pusat, USAID, dan Palang Merah Amerika (Amcross) di wilayah PMI Kab. Banyuwangi, kata Dr. H. Nurhadi, MM. Plt. Ketua PMI Kab. Banyuwangi saat memberikan pengarahan pada hari ke 2 lokakarya penyusunan SOP di Banyuwangi, Sabtu 24/10/2020.


Menurut beliau, SOP ini merupakan bagian yang terintegrasi dengan pedoman penanganan darurat bencana dan Standard Operasional Prosedur (SOP) PMI Pusat, PMI Provinsi, dan BPBD Kabupaten Banyuwangi. SOP ini dibuat untuk dikaji dan disepakati bersama sama antara Pengurus, Staff, dan Relawan PMI Kabupaten Banyuwangi, sebelum diterbitkan keputusan pengesahan dokumen ini, paparnya lebih lanjut.

"Dalam pelaksanaannya, penyusunan dokumen SOP ini disesuaikan dengan hasil penilaian asumsi kondisi darurat akibat ancaman gempa bumi yang melakukan melalui kajian risiko dan kerentanan serta potensi kapasitas sumber daya PMI, merujuk pada kebijakan, peraturan, dan pedoman PMI, serta berdasarkan Kebijakan dan Instruksi yang diatur dan diterbitkan oleh Pengurus PMI Kabupaten Banyuwangi.


"Dalam kegiatan ini juga dilakukan uji coba kesiapan dan ketrampilan diri dan organisasi, khususnya pengurus, staf, dan relawan Markas PMI Kab. Banyuwangi, untuk keselamatan diri dalam menghadapi kedaruratan bencana Gempabumi yaitu dengan melakukan perlindungan, penyelamatan diri, evakuasi, komunikasi dan koordinasi, baik di internal PMI maupun dengan BPBD Kabupaten Banyuwangi, sebagai langkah strategis kesiapan PMI menuju aktivasi Rencana Kontinjensi Gempa di Banyuwangi", ungkap Fasilitator PMI Provinsi Jawa Timur Dra. Arna Ferrajuanie yang mendampingi penyusunan SOP ini.

Sumber PMI Kabupaten Banyuwangi
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN2020
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url