Peringati Hari Pahlawan, SMK PGRI 1 Ponorogo Gunakan Baju Adat Khas Keraton Surakarta

CERITARELAWAN.IDPonorogo - SMK PGRI 1 Ponorogo menggelar upacara hari pahlawan dengan nuansa budaya Jawa untuk mengenang jasa pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Acara diikuti oleh guru, dan siswa mengenakan baju tradisional atau baju adat prajurit Jawa khas Keraton Surakarta. 

Semua peserta mengenakan Penadon, beskap, serta membawa pedang dan tombak. Bahasa pengantar dalam upacara tersebut juga menggunakan bahasa Jawa kuno.

Kepala SMK PGRI 1 PONOROGO, Djemito menjelaskan upacara tersebut digelar sedemikian rupa untuk melestarikan tradisi dan budaya Jawa.

"Kita juga ikut mengenang jasa-jasa orang jawa dulu yang ikut berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia," ucap Djemito, Selasa (10/11/2020).

Menurut Djemito, dengan upacara adat Jawa tersebut bisa meningkatkan kecintaan para siswa SMK PGRI 1 Ponorogo terhadap bangsa dan negara.

"Pesan dari bapak proklamator Ir Soekarno yaitu Jas Merah atau jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena bangsa yang besar tidak meninggalkan sejarahnya," lanjutnya.

Upacara sendiri berlangsung dengan khidmat. Semua peserta dengan seksama mengikuti setiap tahapan upacara, mulai dari pembacaan Pancasila hingga Mengheningkan Cipta.

"Dalam Era globalisasi ini kecintaan terhadap negara sangat diperlukan untuk menciptakan semangat pertumbuhan ekonomi yang semakin berkembang," jelasnya.

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Peringati Hari Pahlawan, SMK PGRI 1 Ponorogo Gunakan Baju Adat Khas Keraton Surakarta"

BERITA MENARIK LAINNYA
close