Siaga Bencana, BPBD Latih Karang Taruna Kelurahan Kauman



CERITARELAWAN.ID, PonorogoMusim penghujan datang, sejumlah wilayah di perkotaan ikut siap siaga. Pasalnya, sejak beberapa tahun  terakhir ketika hujan deras datang , muncul luapan air bahkan banjir. Bahkan tahun  lalu banjir sempat merendam sejumlah rumah penduduk yang mengakibatkan warga yang terdampak harus mengungsi. Salah satunya di kelurahan Kauman Ponorogo. Karena itu kelurahan setempat mengundang Badan Penanggulangan bencana Daerah ( BPBD ) untuk melakukan pelatihan dan simulasi penanganan banjir.

Setyo Budiono, Kabid kedaruratan dan logistik BPBD menjelaskan ada sekitar 50 an anggota karang taruna dan tokoh pemuda setempat yang mengikuti pelatihan di balai kelurahan Kauman, Ahad, 22 November 2020 kemarin. 

Mereka dilatih siap siaga bencana khususnya banjir bagaimana cara cepat mengevakuasi warga hingga memanfaatkan peralatan yang ada. Pengalaman sebelumnya, ketika banjir melanda, mereka justru bingung karena tidak memiliki bekal ketrampilan mengatasi banjir. 

Tapi setelah ikut pelatihan akan lebih paham, bagaimana menggunakan alat komunikasi yang benar, menggunakan perahu karet dan peralatan lainya. Diakui rata-rata warga masih trauma dengan bencana banjir tahun lalu.

Pewarta amin
Editor nur 

Copyright@CERITARELAWAN.ID2020

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Siaga Bencana, BPBD Latih Karang Taruna Kelurahan Kauman"

BERITA MENARIK LAINNYA
close