Siaga, PMI Ikuti Simulasi Penanganan Bencana di Ngawi


CERITARELAWAN.ID, Ngawi - Curah hujan yang mulai tinggi di Ngawi memerlukan penanganan dini bencana. Bertempat di Lapangan Taman Wisata Candi Desa Beran, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, Forkopimda menggelar simulasi bencana banjir.

Cecep Tyas Saputra Staf PB PMI Kabupaten Ngawi mengatakan "Jadi kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam penanganan bencana, serta koordinasi para stakeholder. Yakni penanggulangan dalam menghadapi bencana alam di musim hujan ini,", Kamis (19/11/2020).

Cecep mengungkapkan kegiatan ini dilakukan juga untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi puncak musim hujan. Selain itu, juga untuk memberikan pemahaman penanganan bencana kepada para pemangku kepentingan dan relawan.

"Intinya kita imbau untuk tingkatkan kewaspadaan mengingat curah hujan tinggi, karena ada beberapa daerah di wilayah Ngawi yang rawan mengalami bencana banjir, seperti wilayah Kecamatan Ngawi, Kwadungan, Pangkur, Geneng. Hal ini yang menjadikan perlunya kesiapan dari beberapa tim tanggap bencana Ngawi guna menanggulangi bencana yang akan terjadi,".

Dalam simulasi penyelamatan korban banjir diikuti oleh personil Polri, TNI, BPBD, Dinas Kesehatan, potensi Relawan se Kabupaten Ngawi termasuk PMI.

Perlu disampaikan bencana alam termasuk peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, yang memerlukan kecepatan, ketepatan dalam penanganan, oleh karenanya PMI termasuk juga bagian dari potensi relawan juga menyiapkan diri baik tenaga maupun sarana dan prasarana yang ada bila sewaktu waktu dibutuhkan bila terjadi bencana demi meminimalisir adanya kerugian akibat bencana. Pungkasnya

Pewarta amin
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN.ID2020
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Siaga, PMI Ikuti Simulasi Penanganan Bencana di Ngawi"

BERITA MENARIK LAINNYA
close