Di Ponorogo, Banser Ikut Jaga Gereja Amankan Natal

Banser saat jaga gereja Santa Maria Ponorogo (Foto Gemilang)

CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Cabang Ponorogo kembali turut membantu TNI-Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2020. Kali ini terlihat di Gereja Santa Maria di Jalan Gajah Mada, Ponorogo saat misa natal, Kamis (24/12/2020). 

Selain hari ini, sebanyak 20 personel Banser akan ikut serta mengamankan jalannya perayaan Natal 2020 di sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Dikutip dari NU Online Jatim personel Banser Cabang Ponorogo nantinya akan dibantu personel Banser masing-masing PAC untuk pengamanan khusus Natal yang dijadwalkan berbeda-beda di sejumlah Gereja di Bumi Reyog akibat adanya Pandemi Covid-19.

Foto Lutfi Albert Junior

Sudarsono Kepala Satuan Koordinasi Cabang Ponorogo (Kasatkorcab) Banser Ponorogo mengatakan, bantuan pengamanan natal dilaksanakan semenjak pagi ini hingga tanggal 31 Desember 2020. Hal itu menyesuaikan jadwal dari masing-masing Gereja. "Malam ini 20 personel di Santa Maria, besok akan ada lagi dan dimulai apel di Masjid NU," katanya.

Muhibudin, Kepala Satuan Koordinator Rayon (Kasatkoryon) Banser Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kota Ponorogo yang turut terjun bersama personel dalam pengamanan menyampaikan, sesuai dengan perintah atasan pihaknya menyiapkan anggota untuk membantu pengamanan jalannya perayaan Natal. "Besok pagi akan dilanjutkan," terangnya.

Sementara itu AKBP Mochammad Nur Azis, Kapolres Ponorogo mengemukakan, pihaknya bersama TNI sangat berterima kasih kepada Banser dan organisasi lainnya yang turut membantu secara sukarela mengamankan jalannya Natal. "Semoga apa yang kita lakukan diridloi Allah SWT," ujarnya.

Banser saat jaga gereja GKJW Ponorogo (Foto Bayus)

Hal senada diungkapkan Kompol Bahrun Nasikin Kabag Sumda Polres Ponorogo. Menurutnya, langkah yang dilakukan Banser NU bukan hanya mengamankan Natal, akan tetapi mengamankan sesama manusia yang sedang mendapat ancaman.

"Dimana pada kalender-kalender Kamtibmas itu, kelompok ekstrimis sok usil mengadakan teror-teror. Maka untuk mencegah aksi itu, rekan-rekan Banser turut ambil bagian," tegasnya.
 
Di sisi lain, Antonius Sugiyatno Pengurus Gereja Santa Maria menyampaikan, Banser sudah bertahun-tahun selalu membantu keamanan di Gereja Santa Maria.

Foto Lutfi Albert Junior

"Sudah barang tentu kami pihak Gereja mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan Banser yang selalu bekerjasama dengan kami. Bahkan tidak hanya pada pengamanan Misa Natal ataupun Paskah tapi pada kegiatan sosial lainnya," ungkapnya.

Sumber NUonlinejatim
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN2020
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Di Ponorogo, Banser Ikut Jaga Gereja Amankan Natal"

BACA JUGA
close