Eksotika Bukit Soeharto Ponorogo


CERITARELAWAN.IDPonorogo - 

Bukit Soeharto tak hanya ada di Kalimantan dan Aceh. Destinasi dengan nama serupa di Ponorogo ini juga menjadi favorit wisatawan.

Lokasi wisata satu ini berada di Desa Biting, Kecamatan Badegan. Namanya Bukit Soeharto. Kenapa demikian?

Sebab, di sini ada sebuah monumen yang dibangun di atas bukit menandai tahun pembuatannya. Dalam bangunan itu ditulis 2 Maret 1978 oleh Presiden ke-2 RI, Soeharto.

Monumen ini paling pas dijadikan lokasi wisata karena berada tepat di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bagi wisatawan yang menuju Jawa Tengah dan melewati Kecamatan Badegan dengan mudah akan melihat keindahan eksotika bukit Soeharto.

lokasinya berada tepat di sebelah jalan utama Ponorogo-Wonogiri. Saat ini sedang ada proses pembangunan monumen Bukit Soeharto Ponorogo. Berbagai tanaman hias dan bunga tampak mengisi lereng bukit yang semakin indah.

"Rencananya akan dibuka tanggal 25 Desember 2020 ini," ujar Ketua Pengelola dan Pelestari Bukit Soeharto (PPBS) Wahyu Bintoro, Minggu (13/12/2020).

Wahyu menambahkan rencana pembangunan Bukit Soeharto Ponorogo sudah dimulai sejak setahun lalu. Awalnya dia bersama dengan empat orang warga Desa Biting membuat fasilitas sumber air untuk Bukit Soeharto.

"Sejak itu, saya bersama teman-teman sekarang ada 25 orang dari Kecamatan Badegan membuat PPBS ini jadi rest area terbesar di jalur Malang-Solo," ujar Wahyu.

Sebab, rencananya Bukit Soeharto Ponorogo ini bakal disulap jadi rest area sekaligus tempat wisata seluas 6,4 hektar. tak hanya itu, destinasi ini akan dibuka 24 jam non stop.

"Nanti pasti banyak UMKM yang ada di sana, pemberdayaan masyarakat juga biar perekonomian warga Badegan terangkat. Bisa menyerap tenaga kerja," papar Wahyu.

Saat memasuki kawasan Bukit Soeharto Ponorogo, area parkir pun tampak luas dan bersih dengan paving. Menuju puncak bukit, wisatawan dipermudah dengan jalan yang sudah ditata dengan paving. Dibagian kanan kiri tampak gazebo untuk beristirahat.

Sesampainya di puncak Bukit Soeharto Ponorogo, wisatawan langsung dimanjakan dengan pemandangan perbukitan nan hijau memanjakan mata. Di sini wisatawan bebas berfoto dan berjalan-jalan menikmati lokasi wisata.

Bukit Soeharto Ponorogo ini berada di petak 137 f wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Badegan.

Salah satu wisatawan asal Kecamatan Slahung, Sumiarsih mengaku pertama kali mendatangi Bukit Soeharto Ponorogo. Dia tertarik berkunjung usai melihat dari sebuah unggahan di Facebook.

"Tadi sengaja ke sini sama keluarga dan adik, mau lihat Bukit Soeharto Ponorogo. Ternyata di sini bagus, ada banyak bunga dan tanaman. Pemandangannya juga indah," pungkas Sumiarsih.(amin)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url