Mengenal Ayup, Pemuda Ponorogo Penakluk King Kobra

Ayup bersama raja kobra peliharaannya


CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Pemuda 24 tahun bernama Ayup Wellyansyah bisa disebut penakluk hewan buas. Warga Desa Singosaren, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo begitu akrab dengan ular kobra atau piton yang dipeliharanya.

Di rumah itu, Ayup seekor raja kobra sepanjang 4,3 meter dengan berat 8 kilogram serta empat ekor ular piton. Setiap hari, Ayub mencium dan menerapkan ular-ular peliharaannya. Padahal hewan reptil ini dikenal mematikan bagi manusia.

"Sukanya sudah lama. Dari TK sih. Awalnya mainan di sawah melihat ada ular. Malah saya jadikan mainan. Yang lain, rekan seumuran saya kabur," tutur Ayup, Sabtu (26/12/2020)

Namun kecintaannya terhadap hewan-hewan-mematikan itu sempat ditentang keluarga, karena khawatir akan keselamatannya. Hanya saja Ayub berhasil meyakinkan keluarganya bahwa hobinya ini bisa membawa bagi bagi semua orang. Karena itu orangtuanya.

"Saat usia saya 18 tahun akhirnya dibolehin pelihara ular. Tapi dengan catatan kandangnya harus yang aman," papar Ayup.

Dari situ Ayup memilih ular piton dan king kobra untuk dipelihara. Akan tetapi sebelum berkembang king kobra, Ayup mengaku sempat diajari oleh seniornya. Bagaimana teknik yang harus dilakukan saat king kobra mulai keluar insting buasnya.

"Raja kobra ini habisnya delapan ekor ular sawah untuk makan," jelasnya.

Semua ular yang dipelihara Ayup sudah diberi nama. Raja kobra ia beri nama Ramon. Sedangkan yang lain bernama Askara, Codet, Ucok dan Ucil.

Ayub mengaku jika king kobra biasanya suka dengan kandang yang bersih dan luas. Untuk itu dia siap kandang berukuran tiga meter persegi.

"Sama daun bambu itu yang banyak, kalau kotor juga langsung dibersihkan. Soalnya gampang kena pilek," tambahnya.

Jika king kobra pilek, ada cara sendiri. Biasanya tidak dimandikan terlebih dahulu. Padahal seharusnya jadwal mandinya satu minggu dua kali. Ayup mengaku juga sering terkena taring raja kobra peliharaannya. Namun dia punya trik khusus terkait terhindar dari bisa beracun.

"Ada cara sendiri kalau saya. Tapi saya tidak bisa menjawab," pungkas Ayup.

Sumber Jatimnow
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN2020



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url