PMI Kota Magelang Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020



CERITARELAWAN.ID, Magelang - Polres Magelang Kota menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 di Mako 1 Polres Magelang Kota, dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Magelang Kota, dan dihadiri oleh Instansi TNI, Satpol PP, Dishub, PMI Kota Magelang, Relawan, dan personil Polres Magelang itu sendiri, Senin (21/12).

Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan dalam membacakan amanat dari Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis menyampaikan, Apel Gelar Pasukan dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran dengan maksud untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan dalam rangka menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Operasi Lilin Candi 2020 ini dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari hari Senin tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021.

“Untuk Kota Magelang, fokus pengamanan di seluruh obyek baik Gereja, pusat perbelanjaan, tempat wisata, terminal serta pusat keramaian lainnya. Tidak hanya itu saja, obyek perayaan tahun baru juga tidak luput dari fokus pengamanan, karena semua itu berpotensi menimbulkan gangguan-gangguan dan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) covid-19,” terangnya.

Sebanyak personil khusus 148 personil sesuai sprint Polres Magelang Kota disiapkan dalam Operasi Lilin Candi 2020 di Kota Magelang. Dan tidak hanya itu saja, seluruh personil Polres Magelang Kota dilibatkan dalam Operasi Lilin Candi 2020 dengan pola harian yang sudah berjalan melaksanakan operasi secara bersama-sama baik secara khusus ataupun penguatan-penguatan.
 
“Kita akan melakukan konsep antisipasi dan deteksi kepada pusat-pusat ibadah gereja seperti antisipasi terorisme, oleh karena itu meskipun para jamaah melaksanakan ibadah secara virtual, kita tetap melaksanakan pengamanan gereja selama 24 jam non stop bersama TNI dan Instansi lain,” ujar Nugroho.

Polres Magelang Kota akan melakukan jam malam seperti di hari-hari sebelumnya. Seperti Alun-alun Kota Magelang akan dilakukan penutupan menyesuaikan skenario di lapangan, yang intinya mencegah kerumunan dan kemacetan di Alun-alun Kota Magelang.

“Jam malam di Alun-alun maksimal jam 10 malam. Toko-toko dan tempat hiburan malam juga seperti itu. Kita sarankan hindari kerumunan dan kita disiplinkan protokol kesehatan,” jelas Kapolres Magelang Kota.


Masih menurut Kapolres, Operasi Lilin tahun ini diharapkan harus lebih peduli dalam setiap kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru. Semua itu agar tidak menimbulkan klaster terbaru penyebaran covid-19. 

Sumartono Pengurus PMI Kota Magelang menambahkan dalam kegiatan ini PMI mengirimkan 25 personil (kepala markas, pengurus bidang PMR dan relawan, KSR Unit Markas, KSR Unit untidar dan sibat) 

Setelah mengikuti apel, dilanjutkan penyemprotan desinfektan ditempat tempat ibadah yang akan digunakan untuk perayaan natal tahun 2020 yang ada di wilayah kota Magelang. Pungkasnya 

Pewarta amin
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN2020
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "PMI Kota Magelang Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 "

BACA JUGA
close