Terapkan SOP Evakuasi Mandiri, PMI Banyuwangi Gelar Simulasi Gempa Bumi


CERITARELAWAN.ID, Banyuwangi - Bencana alam tidak pernah sama sekali kita inginkan, namun datangnya bencanapun tidak pernah memilih siapa, kapan, dan dimana akan terjadi. Maka dari itu untuk meningkatkan kapasitas tim Sibat PMI Kabupaten Banyuwangi bersama Masyarakat dalam hal penanggulangan bencana serta dalam upaya pengurangan resiko bencana yang berbasiskan masyarakat sebagai pelaku utama.

Dr. Nurhadi, MM. Plt. Ketua PMI Kabupaten Banyuwangi mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan penyusunan dokumen SOP Evakuasi Mandiri yang telah dilaksanakan sebelumnya. PMI Kabupaten Banyuwangi yang didukung oleh Palang Merah Amerika melakukan pelatihan simulasi SOP pada hari minggu, (20/12/2020) bertempat di kelurahan Tamanbaru.

Dalam kegiatan ini tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang sudah dihimbau oleh Pemerintah, diikuti oleh 56 peserta ini terdiri dari Sibat PMI, Siswa SMP dan SMK, Masyarakat, perangkat kelurahan, bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Instansi terkait seperti BPBD, BMKG, Kecamatan, KSR/TSR PMI, para fasilitator serta pengurus & staff PMI kabupaten Banyuwangi . Tambahnya 

Sementara itu Arna Ferrajuanie fasilitator dari Provinsi JawaTimur menambahkan kegiatan simulasi diawali dengan rapat koordinasi, dilanjutkan latihan gladi ruang & posko antara Sibat, perangkat kelurahan, relawan Pmi & instansi terkait serta diakhiri pelaksanaan simulasi mandiri kelurahan Tamanbaru dapat disimpulkan bahwa nantinya kita harus dapat mengidentifikasi bahaya yang ada disekitar, menentukan jalur evakuasi yang aman & titik berlindung, serta organisasi & management mengendalikan resiko yang tepat.

Arna mengungkapkan harapan kedepan Sibat bisa berkoordinasi dengan pemangku kepentingan setempat & dinas terkait, mengerti akan tupoksinya sesuai dengan SOP yang dibuat, mampu memobilisasi & memberdayakan kapasitas masyarakat dalam hal pengurangan resiko bencana. 

Semoga nantinya dapat mengurangi dampak resiko akibat bencana yang ditimbulkan secara cepat,tepat,efektif & efesien dengan menggunakan sumberdaya internal yang ada. Semoga juga bencana tidak akan pernah terjadi sehingga kehidupan masyarakat bisa berjalan sesuai aman dan tenang. Pungkasnya.

Pewarta amin
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN2020
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Terapkan SOP Evakuasi Mandiri, PMI Banyuwangi Gelar Simulasi Gempa Bumi"

BACA JUGA
close