11 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu


Nama buah tin mungkin sudah lazim terdengar. Buah khas Asia Barat ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu buah ara, dan fig dalam bahasa Inggris. Meski di Indonesia sudah cukup dikenal, namun banyak yang belum tahu akan manfaat buah yang satu ini. Padahal, manfaatnya cukup beragam, yaitu sebagai obat gangguan pernafasan, pencernaan, meningkatkan imunitas, seksualitas dan reproduksi. Nah, untuk lebih mengenal lebih lanjut manfaat buah ini, berikut ini adalah 11 manfaat buah tin yang wajib kamu tahu.


Bagi kamu yang belum tahu, inilah 11 manfaat buah tin untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.



manfaat buah tin
Manfaat Buat Tin untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)


1. Melancarkan sistem pencernaan


Buah tin diyakini ampuh untuk meredakan konstipasi dan menjaga sistem pencernaan. Kamu hanya perlu merendam 2-3 buah tin dalam air selama satu malam. Kemudian, konsumsi buah ini dengan madu saat pagi harinya. Niscaya, gangguan pencernaan seperti sembelit bisa teratasi.


Salah satu kandungan seratnya yang tinggi berguna untuk mempermudah gerakan kerja usus, sehingga bisa mengurangi masalah sembelit. Di sisi lain, serat juga berfungsi untuk memadatkan massa tinja sehingga proses pembuangan menjadi lebih mudah dan lancar.



2. Menurunkan kolesterol


Salah satu kandungan lain dari buah tin yaitu pektin. Kandungan ini merupakan senyawa serat larut yang dikenal ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan tersebut berperan untuk membersihkan kolesterol dalam sistem pencernaan. Kemudian, sisa kolesterol akan dibawa dan dibuang melalui sistem pembuangan.


Kandungan lainnya, yaitu vitamin B6, berfungsi untuk memproduksi serotonin. Mungkin serotonin lebih dikenal sebagai senyawa yang bisa meningkatkan suasana hati, namun kandungan ini ternyata juga baik untuk membantu menurunkan kolesterol.



3. Mencegah risiko kanker usus besar


Mengonsumsi buah tin secara teratur ternyata baik untuk usus. Bahkan, kebiasaan ini bisa menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar. Kandungan serat dan musin di dalamnya, dipercaya ampuh membuang racun yang ada dalam usus besar. Racun akan dibuang dengan cepat melalui sistem pencernaan. Jika dibiarkan, hal itu bisa menjadi pemicu munculnya kanker usus besar.



4. Meningkatkan kesehatan jantung


Buah tin mampu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Secara tidak langsung, hal ini tentu berkontribusi besar terhadap kesehatan jantung orang tersebut. Trigliserida sangat berbahaya karena bisa menjadi penyebab utama penyakit jantung.


Di sisi lain, kandungan antioksidan, fenol, asam lemak omega-3, dan omega-6 dalam buah tin juga dipercaya mampu menghilangkan racun dan radikal bebas dalam tubuh.


Radikal bebas yang menumpuk juga berpotensi menjadi penghalang arteri koroner. Apabila dibiarkan, gangguan tersebut bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.



5. Baik untuk kesuburan reproduksi


Salah satu manfaat buah tin untuk pria, yaitu untuk meningkatkan kesuburan dan mengatasi infertilitas. Caranya, yaitu dengan meningkatkan jumlah mortilitas sperma pria. Tak hanya pria, wanita di masa menstruasi juga bisa memanfaatkan buah tin untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon.



6. Memperkuat tulang


Buah tin mengandung kalsium, kalium, dan magnesium yang tinggi. Ketiga kandungan tersebut berperan penting bagi kesehatan tulang. Khasiat dari buah ini yaitu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi gangguan kerusakan tulang. Bagi ibu hamil, buah tin juga baik untuk perkembangan tulang dan gigi janin yang dikandungnya.



7. Meningkatkan stamina dan seksualitas


Di kalangan pria, buah tin memang dianjurkan untuk dikonsumsi demi meningkatkan stamina dan seksualitasnya. Rutin mengonsumsi buah tin juga bisa meminimalisir risiko berbagai gangguan disfungsi seksual, seperti infertilitas, disfungsi ereksi, dan meningkatkan seksualitas.


Kandungan asam amino dalam buah tin akan membantu memperbanyak produksi oksida nitrat dalam tubuh, sehingga hal ini membuat distribusi dan aliran darah ke semua organ tubuh lebih lancar, termasuk organ seksual.



8. Kaya akan kandungan antioksidan


Buah tin merupakan salah satu antioksidan alami. Kandungan ini berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh. Di sisi lain, kandungan antioksidan juga melindungi tubuh dari penyakit yang diakibatkan penumpukan radikal bebas.



9. Menjaga kadar gula dalam darah


Minuman yang mengandung ekstrak tin dengan dosis tinggi memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Artinya, minuman yang mengandung buah tin memiliki efek yang baik untuk mengontrol kadar gula pada penderita gula darah. Namun, buah tin yang dimaksud adalah buah tin yang sudah dikeringkan atau dalam bentuk ekstrak.



10. Mengobati anemia


Kekurangan zat besi bisa menyebabkan gangguan anemia. Kamu bisa mengonsumsi buah tin yang sudah dikeringkan sebagai asupan zat besi bagi tubuh. Hal ini tidak lain karena kandungan hemoglobinnya yang dimilikinya cukup tinggi, sehingga bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.



11. Sebagai prebiotik alami


Sumber alami prebiotik sebenarnya cukup beragam. Namun, tahukah kamu jika buah tin memiliki manfaat ini. Fungsi senyawa tersebut tidak lain adalah untuk melunakkan feses dan membatu mengatasi susah buang air besar (BAB).


Kandungan prebiotik tersebut berperan untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus dan memerangi kuman penyebab penyakit di saluran pencernaan.




Post a Comment for "11 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu"

BERITA MENARIK LAINNYA
close