Agar Praktis Saat Masak, Ini 5 Cara Membuat Kunyit Bubuk

Kunyit dikenal sebagai rempah-rempah serbaguna. Selain kebutuhan memasak, rempah-rempah ini sering digunakan sebagai unsur dasar minuman tradisional. Bahkan, tidak jarang diproses sebagai topeng untuk mempercantik wajah. Apa pun tujuan, tidak diragukan lagi akan lebih mudah jika memprosesnya terlebih dahulu dalam bubuk, sehingga ketika Anda menggunakannya, baik untuk memasak atau sebagai campuran minuman dan masker wajah, Anda dapat menggunakannya secara langsung tanpa harus memprosesnya terlebih dahulu. . Tentu saja, dengan cara ini Anda akan membuat Anda lebih praktis saat memasak nanti. Nah, bagaimana Anda membuat bubuk kunyit? Metodenya tidak sulit, jadi ini. Segera, menjadi praktis saat memasak, berikut adalah lima cara untuk membuat bubuk kunyit sendirian di rumah.


Ada beberapa langkah untuk membuat bubuk kunyit. Namun, Anda tidak dapat menggunakannya secara langsung. Sebab, proses ini membutuhkan waktu pengeringan. Bahkan, itu bisa memakan waktu hingga beberapa hari. Langkah-langkahnya adalah yang berikut.


Persiapkan bahan


Cara membuat kunyit bubuk
Cara membuat kunyit bubuk di rumah. (Foto: Pixabay)

Bahan utama yang harus disiapkan adalah 1/2 kg kunyit. Adapun beberapa peralatan lain, termasuk wadah atau cekungan untuk mencuci, mengeringkan nampan, memukul alat atau blender, dan botol hermetic.


Bersihkan kunyit


Cara membuat kunyit bubukBersihkan kunyit sebelum diolah menjadi bubuk. (Foto: Pixabay)

Setelah materi disiapkan, itu dapat membersihkan kunyit dari tanah dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Bersihkan dengan air sambil menggosok dengan tangan. Pastikan kunyit telah dicuci dengan bersih.


Jemur di bawah sinar matahari langsung


Cara membuat kunyit bubuk


Jemur kunyit di bawah sinar matahari langsung. (Foto: Pixabay)


Setelah kunyit bersih dan tipis dan letakkan di atas nampan. Kemudian, keringkan untuk mengarahkan sinar matahari. Pastikan kunyit terpapar sinar matahari. Secara umum, waktu yang dibutuhkan sehingga kunyit benar-benar kering dapat memakan waktu berhari-hari.


Baca juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Durian untuk Kesehatan


Sangrai dan tumbuk halus


Cara membuat kunyit bubuk


Sangrai dan tumbuk halus kunyit. (Foto: Pixabay)


Apabila kunyit telah kering, ia meluas dengan serangannya. Selepas itu, mash lembut sehingga butiran serbuk. Tamic dan triturated sekali lagi sepenuhnya lembut. Anda juga boleh menggunakan pengisar untuk memudahkan proses penghalusan.


Simpan di wadah kedap udara


Cara membuat kunyit bubuk


Simpan bubuk kuntit di wadah kedap udara. (Foto: Pixabay)


Setelah halus, bubuk kunyit dapat digunakan secara langsung. Untuk kebutuhan bumbu dan pewarnaan makanan, Anda harus menyimpannya di wadah atau botol hermetic di dapur.


Bagaimana, apakah mudah untuk tidak melakukannya? Mungkin Anda bertanya, apa manfaat bubuk kunyit, terutama untuk kesehatan? Seperti rempah-rempah lainnya, kunyit juga memiliki banyak manfaat. Sayangnya, tidak banyak yang tahu manfaat bumbu ini. Kira-kira, apa itu? Berikut ini adalah lima manfaat kunyit untuk kesehatan.


Mengatasi radang tenggorokan


Bagi Anda yang mengalami masalah inflamasi di rumah tenggorokan, kunyit bisa menjadi solusi herbal. Konten di dalamnya, yaitu zat curcumin, diketahui efektif sebagai zat antianidang. Untuk perbandingan, sesendok kunyit masih segar atau telah diproses bubuk, kurang lebih, memiliki 200 miligram curcumin di dalamnya.


Meringankan sakit maag


Banyak herbal herbal alami terbuat dari kunyit. Bahkan, rempah-rempah ini juga dipercayakan untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti ulkus untuk waktu yang lama.


Ini tidak lain adalah konten curcumin di dalamnya, yang juga dikenal efektif dalam mengobati rasa sakit karena ulkus. Di sisi lain, zat tersebut juga berfungsi untuk mengontrol produksi asam lambung dalam tubuh seseorang.


Mengatasi perut kembung


Menghubungkan masalah sebelumnya, produksi asam lambung yang berlebihan sering menyebabkan perut kembung. Untuk membantu mengendalikannya, Anda dapat mengkonsumsi rayuan bubuk kunyit. Tidak diragukan lagi, perut yang bengkak akan berkurang.


Mengurangi rasa sakit dan diare akibat IBS


Bawel IBS atau sindrom iritur adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada usus besar. Masalah ini menyebabkan pasien mengalami beberapa masalah, seperti sakit perut dan kram, diare atau konstipasi, hingga masalah perut kembung.


Tingginya kandungan antioksidan dan Antixtius, yang membuat umat Katun sangat efektif membantu peluncuran dan rilekskan otot-otot di area pencernaan.


Menghilangkan rasa mual di perut


Masukkan angin dan gangguan pencernaan sering menyebabkan perut menderita merasa mual. Tidak perlu bingung, Anda dapat menggunakan kunyit bubuk untuk meminimalkannya. Untuk hasil yang paling optimal, tambahkan bubuk lada hitam untuk memberikan perasaan hangat. Anda juga dapat menggunakan jahe dan madu sebagai tambahan.


Yah, ini lima cara untuk membuat bubuk kunyit Anda sendiri di rumah dan beberapa manfaatnya. Menggunakan bubuk kunyit saat memasak, tentu saja tidak hanya praktis, tetapi juga dapat menghemat waktu Anda di dapur. Untuk bubuk kunyit agar lebih tahan lama, ada dua hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah proses pengeringan, yang kedua adalah proses penyimpanan.


Karena itu, pastikan ketika proses pengeringan dilakukan, kunyit benar-benar mengering. Ketika proses penyimpanan, pastikan wadah atau botol digunakan oleh hermetic.





Post a Comment for "Agar Praktis Saat Masak, Ini 5 Cara Membuat Kunyit Bubuk"

BERITA MENARIK LAINNYA
close