Ini 5 Cara Memasak Beras Hitam agar Pulen dan Lembut

Saat ini, beras hitam cukup populer dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami program diet. Selain baik untuk diet, beras hitam juga memiliki lebih banyak serat daripada beras penuh dan memiliki banyak kandungan gizi yang dapat mengontrol kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Cara memasak nasi hitam sedikit berbeda dari memasak nasi putih dan nasi merah. Namun, jalannya tidak terlalu sulit.

Nasi hitam benar-benar cenderung lebih sulit, meskipun dimasak dengan dosis air yang sama memasak nasi lain. Karena itu, Anda harus tahu cara memasak beras hitam yang tepat sehingga hasilnya adalah Polandia, lembut dan lembut.

Untuk memasak nasi hitam, Anda dapat menggunakan penanak nasi (pot nasi) atau menggunakan panci di atas kompor. Jadi, bagaimana Anda makan nasi hitam untuk penambahan, lembut dan lembut? Lihatlah cara-cara berikut.

Memasak beras hitam menggunakan rice cooker


Cara Memasak Beras Hitam
Cara Memasak Beras Hitam agar Pulen dan Lembut. (Foto: Pixabay)

Jika Anda ingin memasak nasi hitam dengan panci nasi, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sehingga hasilnya memoles dan halus.

  • Cuci nasi hitam sampai airnya tidak ungu, lalu basah selama satu jam. Setelah itu, buang air besar.

  • Tempatkan nasi hitam dan air dalam mangkuk pot nasi dengan rasio 1: 2 dalam ukuran liter.

  • Kemudian, nyalakan pot nasi seperti memasak nasi biasa.

  • Beras akan dimasak selama 25-30 menit, tergantung pada dosis masakan nasi hitam.

  • Setelah pot nasi berhenti memasak, biarkan duduk selama 10 menit.

  • Kemudian, aduk nasi sehingga uap keluar.

  • Beras nasi hitam ini juga siap dilayani.


Memasak beras hitam menggunakan panci


Cara Memasak Beras HitamMemasak beras hitam menggunakan panci. (Foto: Pixabay)

Jika Anda berniat memasak nasi hitam dengan panci, ikuti langkah-langkah ini sehingga nasi yang dihasilkan dipoles dan halus.

  • Cuci nasi hitam sampai airnya tidak ungu, lalu basah selama satu jam. Setelah itu, buang air besar.

  • Tempatkan nasi hitam dan air di wajan dengan rasio 1: 2 dalam ukuran liter.

  • Setelah itu, nyalakan kompor, nasi hitam dan air, lalu kurangi api dan tutup panci.

  • Masak dengan panas rendah selama 25-30 menit atau sampai air sepenuhnya diserap dalam beras.

  • Jika Anda sudah, matikan api. Tinggalkan nasi terlebih dahulu selama 15 menit.

  • Setelah itu, buka panci dan gelombang nasi sehingga uap keluar.

  • Beras nasi hitam ini juga siap dilayani.


Bagaimana, memasak nasi hitam dalam nasi yang baik cukup mudah, bukan? Selamat datang untuk mencobanya di rumah, eh. Lihat juga cara memasak nasi hitam lain di bawahnya untuk menghasilkan katrol dan nasi lunak.

Baca juga: 15 Jenis Rempah-Rempah Indonesia yang Mampu Menyedapkan Masakan | Blog Sayurbox



Cuci beras hitam hingga bersih sebelum memasaknya


Cara Memasak Beras HitamCuci beras hitam hingga bersih sebelum memasaknya. (Foto: Pixabay)

Cara memasak lebih banyak beras hitam sehingga hasilnya adalah pulrek dan lunak, yaitu, mencuci beras hitam terlebih dahulu dengan air yang sangat bersih sebelum dimasak.

Buang benda-benda aneh, seperti batu atau butiran yang terkandung dalam beras hitam. Setelah itu, gosok nasi dengan tangan bukan untuk mengambilnya. Kemudian, biarkan istirahat sebentar dan ketegangan. Perlu dicatat, Anda hanya perlu mencuci beras dua kali sehingga nutrisi yang Anda tidak ketinggalan.

Setelah mencuci, rendam nasi hitam selama 30 menit hingga 1 jam dengan air bersih. Tujuannya adalah bahwa beras lembut dan dipoles saat memasak nanti. Tapi ingat, saya tidak terlalu meresap, karena nanti hasilnya akan sangat lengket.

Perhatikan perbandingan air saat memasak beras hitam


Cara Memasak Beras HitamPerhatikan perbandingan air saat memasak beras hitam. (Foto: Pixabay)

Untuk hasilnya menjadi Polandia, Anda juga harus memperhatikan perbandingan beras hitam dan air sementara dapur. Banyak orang bingung dibandingkan dengan air saat memasak nasi. Jika Anda ingin menghasilkan beras yang sangat sopan, perbandingan beras hitam dan air adalah 1: 2 (1 gelas beras + 2 cangkir air).

Memasak nasi hitam dapat dimasak dalam wajan atau menggunakan panci nasi. Waktu memasak adalah 25 hingga 30 menit atau sampai air diserap, tergantung pada dosis beras hitamnya.

Pastikan air telah diserap dengan sempurna ke dalam setiap benih nasi saat memasak. Saat memasak dengan wajan, masak dengan panas rendah atau sedang.

Diamkan sebentar setelah dimasak


Cara Memasak Beras HitamDiamkan sebentar setelah dimasak. (Foto: Pixabay)

Ketika nasi beras hitam dimasak, jangan buka tutupnya dan aduk nasi. Tapi biarkan di muka selama 10-15 menit. Tujuannya adalah bahwa beras tidak terlalu lunak dan lancar. Jika agak kering, goyangkan nasi agar tidak perlu. Itu juga dilakukan sehingga beras lebih lembut dan dipoles.

Nah, ini adalah cara memasak beras hitam yang tepat sehingga hasilnya lebih menarik dan lembut. Semoga panduan ini bermanfaat dan semoga sukses.

Post a Comment for "Ini 5 Cara Memasak Beras Hitam agar Pulen dan Lembut"

BERITA MENARIK LAINNYA
close