Mengupas Lengkap Menjadi Freelancer di Situasi Pandemi Covid-19



CERITARELAWAN.ID - Pandemi Covid-19 di Indonesia kini masih masif entah sampai kapan wabah ini menghilang di muka bumi. Dampak yang terjadi banyak korban PHK dan pengangguran diakibatkan perusahaan gulung tikar tidak mampu beroprasi dengan baik.

Mencari pekerjaan di situasi pandemi covid-19 sangat sulit sobat, maka disinilah sobat harus menjadi seseorang yang bisa bekerja secara mandiri apakah itu membangun usaha atau menjadi seorang freelancer.

Sebelumnya sobat TeknologiKu apakah sudah pernah mendengar istilah freelancer? pasti ada yang sudah tahu, dan ada yang belum sama sekali mendengar istilah freelancer.

Apa itu Freelancer?

Freelancer adalah seseorang yang bekerja secara mandiri dan tidak ada keterikatan yaitu berupa aturan dan perintah kerja dari atasan. So, Freelancer dapat berkerja dengan bebas sesuai dengan ke ahlian dan bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Hal yang terpenting adalah memiliki akses internet yang baik.

Ok sobat, itulah penjelasan dan pengertian tentang freelancer. Terus apa bedanya dengan karyawan biasa? nah yang membedakannya adalah mereka meiliki kontrak kerja, dan kewajiban bekerja dengan jam kerja 7-8 jam kerja. Karyawan biasa juga memiliki gaji bulanan.

Freelancer meskipun terdengarnya asyik cara kerjanya namun menjadi seorang freelancer tidak lah mudah. Mari kupas hal apa yang harus dipersiapkan atau syarat bisa menjadi freelancer yang sukses.

Syarat Menjadi Freelancer

1. Memiliki Skill

Seorang Freelancer harus memiliki kemampuan untuk menjual dirinya kepada publik yang membutuhkan jasa dari seorang freelancer. Tanpa memiliki skill maka akan sulit untuk mengerjakan project yang dibutuhkan oleh klien. Jadi hal yang utama bangun branding sobat dengan skill yang memumpuni. Skill yang harus dipersiapkan adalah sesuai dengan passion kalian sukai, contohnya sobat memiliki skill membuat website, konten creator social media, penulis, desain, dan lain sebagainya.

2. Komitmen

Sobat harus mengetahui bahwa freelancer harus memiliki komitmen pada dirinya sendiri, dan passionnya. Hal yang terpenting adalah memiliki tujuan, sehingga akan terbentuk komitmen. Freelancer tidak akan sukses apabila di awal karirnya tidak disertai komitmen yang baik. Sobat harus mengetahui bahwa menjadi seorang freelancer banyak tantangannya, apa sih yang menjadi tantangannya? contohnya, sobat telah mendaftar menjadi seorang freelancer di situs website freelance, kemudian sobat memiliki kendala project yang anda submit belum di approve oleh pihak klien, kedua komunikasi yang sulit dikarenakan jam luar negeri dan jam di indonesia berbeda sehingga respon dalam massage kurang baik. Nah, inilah contoh sederhana kendala yang terjadi. Dalam situsi seperti ini seorang freelancer jangan menyerah dan putus asa, maka disinilah memerlukan komitmen yang tangguh. Teruslah mencari peluang.

3. Manajemen Waktu

Project yang dikerjakan oleh seorang freelancer tidak hanya satu project dengan deadline yang sudah ditentukan, biasanya seorang freelancer memiliki beberapa project dan deadline yang padat. Maka sobat harus pandai manajemen waktu dengan baik. Bagaimana cara memenej waktu dengan baik? sobat harus bisa memilah skala prioritas, dan membuat Todo List project yang mana harus dikerjakan. Sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.

4. Upgrade Kemampuan / Scale Up

Scale up adalah cara terbaik untuk melakukan upgrade skill, mengetahui update teknologi terbaru, dan tools yang harus digunakan oleh freelancer untuk menunjang pekerjaan. Kini banyak platform yang sudah tersedia bagi orang yang ingin mengembangkan kemampuan. TeknologiKu akan memberikan rekomendasi agar sobat bisa scale up diantaranya yaitu :

5. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangatlah penting yang harus dimiliki oleh seorang freelancer, sehingga tidak akan terjadi miss komunikasi dalam membangun sebuah project. Freelancer dituntut untuk paham proses bisnis dan apa yang dibutuhkan oleh klien. Maka seorang freelancer harus memiliki komunikasi yang baik. Jika sobat memiliki kemampuan dalam bahasa seperti bisa berbahasa inggris ini menjadi nilai plus, untuk memudahkan komunikasi dengan klien orang luar negeri.

6. Paham Teknologi

Pada point ini sobat harus benar-benar paham dengan teknologi, ini adalah modal utama untuk menjadi freelancer. Pekerjaan ini akan menjadi mobiltas tinggi bagi seorang freelancer. Sebagai contoh, freelancer mengerjakan projectnya umumnya menggunakan teknologi cloud computing sebagai penghubung freelancer dan klien. Konektifitas harus diperhatikan diusahakan memiliki koneksi internet yang stabil. Serta pendukung lainya yaitu skill untuk bisa bid projcts.

 

Rekomendasi Situs Website Freelancer

Inilah rekomendasi dari TeknologiKu yang bisa sobat coba untuk menjadi freelancer, untuk bisa mengakses ke halaman dashboard freelancer sobat silahkan untuk melakukan registrasi dan mengisi data profile dengan lengkap. Situs website resmi freelancer ini memiliki cara kerja yang berbeda-beda, sobat bisa eksplorasi dan mempelajarinya. 

  1. Freelancer
  2. Sribulancer
  3. Upwork
  4. Fiverr
  5. Guru
  6. Toptal
  7. Sribu
  8. 99 Design
  9. Dribbble

Kesimpulan Menjadi Freelancer di Situasi Pandemi Covid-19

Kesimpulannya meskipun situasi pandemi covid-19 masih masif di Indonesia, namun sobat jangan patah semangat dalam mencari peluang untuk menghasilkan penghasilan dengan menjadi seorang freelancer. Banyaklah belajar scale up kemampuan sobat dan bangun relasi yang baik. Sobat juga bisa mencoba registrasi di situs website freelance yang sudah di rekomendasikan

 

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Mengupas Lengkap Menjadi Freelancer di Situasi Pandemi Covid-19"

BACA JUGA
close