PMI Banyuwangi Latih Keluarga Aman dan Tangguh Hadapi Bencana



CERITARELAWAN.ID, Banyuwangi - Keluarga adalah orang yang terdekat disekitar kita, jika terjadi sesuatu kepada keluarga kita tentu kita pasti akan melindungi mereka, begitupun saat jika terjadi bencana.

Maka dari itu Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi yang didukung oleh PMI Pusat, Palang Merah Amerika dan melalui pendanaan USAID mengadakan Kegiatan terkait pelatihan keluarga aman & tangguh dilevel keluarga pada tanggal 28-29 Januari 2021, di Aula kelurahan Mojopanggung Kecamatan Giri, diikuti oleh 20 orang dari kelurahan Tamanbaru dan Mojopanggung, yang terdiri dari unsur Keluarga inti, PKK, karang taruna,KK perempuan,dan Tokmas

Fasilitator dalam kegiatan ini diisi dari PMI Pusat dan Sibat Tamanbaru & Mojopanggung dilakukan secara metode ceramah, bermain peran, FGD, curah pendapat, berbagi pengalaman, game & simulasi, sehingga diharapkan materi yang didapat oleh semua peserta dapat tersampaikan dengan maksimal.


Rina fasilitator dari PMI Pusat mengatakan "Ketrampilan hidup atau life skill yang meliputi kesadaran diri, ketrampilan mengambil keputusan, komunikasi yang efektif, ketrampilan berfikir kritis, pemecahan masalah dan hubungan interpersonal sangat dibutuhkan didalam keluarga". Tambahnya.

Tanggapan Tri Kusuma Jaya S. STP Lurah Mojopanggung mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali nantinya jika menghadapi sebuah bencana khususnya bencana gempa bumi yang mungkin akan terjadi. Karena Gempa itu tidak membunuh, yang membunuh adalah bangunan-bangunan yang runtuh dan menimpa manusia.


Sementara itu Dr. H. Nurhadi, MM. Pengurus PMI Kabupaten Banyuwangi menambahkan, dengan kegiatan ini saya berharap seluruh masyarakat khususnya di level keluarga bisa mengaplikasikan ke keluarganya masing-masing dan bisa mulai mensosialisasikan kepada tetangga, masyarakat dan seluruh komunitas yang ada dilingkungannya. Karena dengan demikian masyarakat mulai siap siaga dalam menghadapi bencana dan bisa mengurangi dampak resiko bencana. ( Cak Amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url