PMI dan Warga Gelangsar Gotong Royong Bangun Bak Penampungan Air


CERITARELAWAN.ID, Lombok Barat -  Palang Merah Indonesia (PMI) didukung The International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) membantu masyarakat terdampak gempa dua tahun lalu dalam mengakses air bersih salah satunya membangun bak penampungan air bersih yang dibangun di 13 Desa yang tersebar di Sumbawa dan Lombok.

Fakhri Staff Wash IFRC hari rabu, (27/01/2021) menjelaskan, target kami ada sekitar 14 bak penampungan air untuk dibangun dan tiga lagi di rehabilitasi, untuk di Desa Gelangsar ini alhamdulillah sudah selesai dibangun dan sudah digunakan oleh masyarakat. 


Proses pembangunannya memakan waktu sekitar hampir sebulan terhitung sejak pembangunan fondasi hingga menggunakan pipa sepanjang kurang lebih 1500 meter yang digunakan untuk mengaliri air dari bak menuju pemukiman masyarakat. Sebenarnya ini dapat diselesaikan dalam kurun waktu dua minggu namun dalam proses pengerjaannya terkendala cuaca yang kurang mendukung, jadi proses penyelesaiannya lumayan cukup lama. Terangnya


Salah satu penerima manfaat Inaq Rusnan (40 tahun) mengatakan, sebelum adanya bak penampungan air, saya bersama warga yang lain mengambil air di sungai yang ada diatas gunung dan jaraknya lumayan jauh dari rumah. 

Saat mendengar akan ada pembangunan bak penampung air, kami sangat antusias hingga pada saat proses pembangunannya kami para ibu-ibu bersama anak-anak ikut membantu dengan membawa material bangunan yang dibutuhkan menuju lokasi pemangunan bak tersebut. Pungkasnya (Cak Amin)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url