PMI Jember dan RSUD dr. Soebandi Tanda Tangani Kerjasama Pelayanan Plasma Darah untuk Pasien Covid-19


CERITARELAWAN.ID, JEMBER - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember dan RSUD dr.Soebandi menyiapkan kado istimewa diawal Tahun 2021. Hari ini, Kamis (07/01/2021), PMI Kabupaten Jember dan RSD dr Soebandi Jember menggelar penandatanganan  kerjasama pelayanan plasma konvalesen di RM Lestari, Kaliwates sebagai upaya memberikan pelayanan terapi plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 yang kondisinya cukup berat. Sampai hari ini banyak kalangan menilai terapi plasa konvalesen evektif untuk menyembuhkan pasien Covid-19 yang kondisinya berat. 

"Kerjasama pelayanan plasma konvalesen ini menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang butuh keseriusan penanganan. Untuk itu, PMI Kabupaten Jember dan RSD dr Soebandi berkolaborasi untuk memproduksi plasma konvalesen," ungkap Ketua PMI Kabupaten Jember, EA Zaenal Marzuki SH MH dalam sambutannya.

Lanjut Zaenal, kebutuhan plasma konvalesen saat ini sangat besar. "Mengingat manfaat plasma konvalesen cukup baik," tuturnya.

"PMI berkoordinasi dengan pihak RSD dr Soebandi untuk bisa memenuhi plasma konvalesen di daerah jejaring PMI Jember meliputi Kabupaten Jember, Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten dan kota Probolinggo. Kerjasama ini berkaitan secara teknis terkait dengan SDM dan peralatan produksi plasma konvalesen," jelasnya.

Zaenal juga mengatakan jika pemenuhan plasma konvalesen sesuai dengan Tupoksi PMI sebagaimana amanat UU No 1 Tahun 2018. "PMI harus turut serta dan aktif dalam kegiatan kemanusiaan, khususnya pemenuhan kebutuhan darah," pungkasnya.

Berdasar data terhimpun, terapi plasma konvalesen merupakan salah satu cara ampuh untuk menyembuhkan Covid-19. Adapun plasma konvalesen berasal dari plasma sel darah mantan penderita Covid-19 yang sudah sembuh.

Para penyintas plasma konvalesen harus melalui proses ketat untuk bisa menjadi pendonor. Plasma konvalesen memberikan antibodi yang sudah jadi dari seseorang ke orang
Bahkan, kini banyak kalangan yang minta pendonor plasma darah dari penyitas Covid-19. Bahkan, banyak beredar permintaan plasma darah di media social (medsos), terutama di grup whatsapp (WA). Termasuk banyak yang minta terapi plasama konvalesen di PMI Kabupaten Jember. 

Ketua PMI Kabupaten Jember, H. E. A. Zaenal Marzuki, SH, MH menjelaskan bahwa "Tingginya angka pasien baru Covid-19 di Jember, maka kami bersinergi dengan RSUD.dr.Soebandi  memproduksi  Plasma konvalesen atau plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang terinfeksi virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19," ungkap E. A Zaenal Marzuki, Ketua PMI Kabupaten Jember. 

Sementara, dr. Dudung Ari Rusli Kepala UDD PMI Kabupaten Jember menjelaskan donor penyintas ini nantinya akan diambil plasma darah di dalam tubuhnya dan diperiksa, hingga hasilnya akan diberikan kepada pasien Covid-19 yang sedang terinfeksi dengan gejala sedang hingga berat. Ungkap dr. Dudung Ari Rusli. 

Dudung menjelaskan terkait syarat untuk donor plasma darah untuk plasma konvalesen Covid-19. “Diutamakan laki-laki,  jika perempuan, yang belum pernah hamil, karena jika sudah pernah hamil maka dalam plasma darahnya akan mengandung antibodi yang cukup beresiko jika ditranafusikan ke orang lain,” tuturnya. 

Kemudian sehat dan dibuktikan dengan hasil laboratorium. “Bebas dari infeksi virus corona, atau telah sembuh minimal selama 14 hari.  Bebas dari virus, parasit atau patogen lain berpotensi bisa ditransmisikan melalui darah, memiliki antibodi yang cukup tinggi,"tambah dr. Dudung Ari Rusli, Kepala UDD PMI Kabupaten Jember.

Pewarta / Penulis Ghufron
Editor nur
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url