Tips Makanan Sehat untuk Mahasiswa dan Anak Kost



Berikut tips makanan sehat untuk mahasiswa. Sebagian besar anak-anak kost cenderung kurang terbiasa makan makanan sehat karena senang dengan kepraktisan. Mie instan yang mudah dimasak kadang menjadi makanan sehari-hari padahal itu kurang baik bagi kesehatan. Makanan sehat untuk anak kost sendiri tidak harus mahal, ada banyak jenis makanan yang sehat, namun mudah dimasak dan harganya murah. Berikut ini tips makanan yang sehat untuk anak kost. 

1. Memasak Sendiri 

Di tempat kost, biasanya ada dapur untuk memasak sendiri dan itu bisa dimanfaatkan. Anak kost kadang enggan untuk memasak sendiri karena tidak mau repot, namun membeli makanan di luar setiap hari juga bukan pilihan tepat. Jika tidak ada jadwal kuliah yang terlalu pagi, maka waktu itu bisa dimanfaatkan untuk berbelanja dan membuat sarapan sendiri. Makanan yang dibuat sendiri cenderung lebih sehat karena mengetahui kualitas bahan yang digunakan dan cara memasaknya.
Ada banyak makanan sehat anak kost yang bisa dibuat sendiri dengan mudah dan bahkan cepat. Membuat sayur bening atau sop dengan tahu dan tempe goreng sudah lebih sehat daripada membeli masakan dari luar. Selain itu bisa juga membuat makanan yang praktis namun tetap sehat seperti bubur oat atau sandwich roti gandum.

2. Sayuran dan Buah-Buahan 

Makanan sehat untuk anak kost sebenarnya sama dengan yang diperuntukkan bagi orang dewasa lainnya yang juga harus mengikutsertakan sayuran dan buah-buahan. Mahasiswa yang tinggal di kost kadang tak sempat untuk memakan buah-buahan, apalagi jika uang saku menipis. Sebenarnya ada banyak buah-buahan yang murah dan tetap bisa sehat untuk dimakan. Buah-buahan dengan harga murah misalnya pisang, semangka, dan pepaya. Sedangkan bagi yang sudah bekerja bisa memilih buah yang lebih bervariasi.

Sayuran juga sebaiknya tetap ditambahkan di setiap menu makanan. Baik itu memasak sendiri atau membeli makanan di luar maka jangan lupa untuk menambahkan menu sayuran. Sayuran dan buah-buahan sendiri mengandung serat yang dibutuhkan untuk pencernaan yang sehat. Kandungan antioksidan juga bisa mencegah beragam macam penyakit menyerang. 

3. Jangan Lupa Protein 

Protein berfungsi mengatur metabolisme tubuh sehingga cukup penting sebagai asupan setiap hari. Makanan yang dikonsumsi sudah seharusnya mengandung protein, baik itu hewani atau nabati. Beberapa makanan yang merupakan sumber protein misalnya daging, telur, ikan, susu, polong-polongan, dan lain-lain. Kekurangan protein bisa menyebabkan kerontokan pada rambut dan gangguan pertumbuhan khususnya pada anak-anak.

Mahasiswa atau anak kost kadang berhemat sehingga lupa menambahkan protein pada makanannya. Namun tempe dan tahu yang bisa dibeli dengan harga murah juga mengandung protein. Jadi sebenarnya tidak harus mengonsumsi daging, tempe, dan tahu yang diolah dengan tepat bisa juga jadi sumber protein yang baik bagi tubuh.

4. Jangan Terlalu Banyak Gula 

Terlalu banyak gula bisa mengakibatkan diabetes dan itu tentunya tidak ingin dialami oleh siapa pun. Kebiasaan mengonsumsi gula tinggi sejak muda bisa jadi kebiasaan yang akan terbawa sampai dewasa. Apalagi jika memiliki orang tua yang menderita diabetes maka kemungkinan menderita bisa lebih besar. Sejak muda ada baiknya untuk membiasakan diri tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. 

Saat ini ada banyak minuman manis yang diminati oleh mahasiswa maupun pekerja kantoran. Konsumsi minuman dengan gula tinggi tersebut sebaiknya dibatasi. 

5. Minum Air Putih 

Minum air putih bisa jadi hal yang sepele, namun itu cukup penting dengan asupan yang cukup. Anak-anak muda kadang kurang memperhatikan jumlah air putih yang diminum setiap harinya. Maka dari itu penting agar selalu menyiapkan air putih di kamar kost agar bisa diminum secara rutin. Mahasiswa bisa membeli air mineral kemasan atau memasak sendiri jika memang sempat. Air putih sendiri berbeda dengan minuman manis seperti soda atau kopi sehingga tidak bisa menggantikan.

Kebutuhan air putih setiap harinya seharusnya mencapai 2 liter. Ini tak jarang masih tidak dipenuhi oleh sebagian orang. Mahasiswa yang masih muda dan jauh dari orang tua juga kadang kurang peduli dengan asupan air putihnya, misalnya hanya minum saat selesai makan saja. Ada baiknya untuk selalu menyediakan air putih baik saat di dalam kost atau saat keluar rumah. Apalagi saat ini banyak dijual botol air minum yang trendy sehingga bisa digunakan saat ke kampus atau bepergian.

6. Makan dengan Teratur 

Makan dengan teratur bisa mencegah timbulnya penyakit seperti maag. Anak kost yang juga pekerja kantoran kadang sibuk mengerjakan tugas sehingga makan dengan tidak teratur. Apalagi tidak ada orang tua yang mengawasi serta tidak ada yang menyediakan makanan. Ada baiknya membiasakan diri untuk makan tepat waktu mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam dengan porsi yang cukup.

7. Memilih Cemilan Sehat 

Anak kost biasanya juga senang makan cemilan. Sayangnya saat ini banyak jenis cemilan tak sehat yang malah menjadi tren. Mengonsumsi junk food atau gorengan sebenarnya boleh saja asalkan tidak berlebihan. Untuk kebutuhan sehari-hari ada baiknya untuk membiasakan diri dengan cemilan yang sehat seperti buah-buahan. 


8.Diet yang Sehat 

Bagi wanita, apakah itu mahasiswa atau pekerja kantoran, penampilan tubuh bisa jadi hal yang penting. Melakukan diet kadang dilakukan untuk menurunkan berat badan sekaligus memperbaiki penampilan. Sayangnya tak jarang diet yang dilakukan tidak dilakukan dengan benar. Misalnya saja makan terlalu sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan tubuhnya. 

Jika ingin melakukan diet penurunan berat badan maka harus tetap memperhatikan kebutuhan asupan makanan yang diperlukan tubuh. Jangan sampai diet yang dilakukan malah membuat tubuh menjadi sakit, bukan sehat. 
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Tips Makanan Sehat untuk Mahasiswa dan Anak Kost"

BERITA MENARIK LAINNYA
close