Banjir Landa Sumberagung Tulungagung

Kendaraan yang turut terseret banjir di Desa Sumberagung (Foto : Istimewa)

CERITARELAWAN.ID, Tulungagung - Banjir cukup besar melanda Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Selasa (3/2/2021) sore hingga malam. 

Air yang diduga berasal dari lereng pegunungan dari wilayah selatan dan masuk Kabupaten Blitar ini begitu besar turun ke dataran lebih rendah. Akibatnya, volume air tak dapat ditampung oleh sungai dan mengakibatkan luapan.

Banjir ini jarang terjadi. Desa Sumberagung sebenarnya berada cukup tinggi namun ada air melewati sungai dengan kapasitas banyak dan terus mencari tempat yang lebih rendah," kata seorang warga memberikan informasi melalui pesan WhatsApp. Seperti dikutip dari tulungagung.jatimtimes.com 

Beberapa video kejadian banjir ini juga dibagikan ke lini media sosial. Bahkan satu mobil harus terseret air dan beberapa pohon besar juga tumbang serta air masuk ke rumah warga. Sebagian warga tampak bahu membahu membersihkan sampah yang menyumbat jembatan sungai.

Kapolsek Rejotangan AKP Heri Purwanto membenarkan kejadian banjir itu ada di wilayahnya yakni Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan. Sementara itu, Kepala Desa Sumberagung Judianan Junjung Nugroho mengatakan, air berasal dari pegunungan yang berada di selatan desanya. Akibat terjangan air bah ini selain mengakibatkan banjir, talut  dari bantuan keuangan (BK) yang baru saja selesai dibangun juga mengalami kerusakan.

"Ini yang bangunan talud BK barusan selesai (dikerjakan) ambruk diterjang banjir," kata Junjung, Rabu (4/2/2021) pagi.

Lanjutnya, talut yang dibangun ini sebenarnya sudah dipasang gorong-gorong untuk dilewati air. Namun, karena volume hujan tinggi dan terjadi cukup lama maka luapan tak dapat ditampung oleh sungai yang cukup besar dan mengakibatkan banjir.

"Untuk talut ini sudah ada gorong-gorong, namun karena air banyak sungai (ancar) untuk jalan air dari atas tidak dapat menampung," ungkapnya.

Dalam beberapa jam air telah surut, pihak pemerintah desa bersama pihak terkait pagi ini akan melihat dampak banjir dan menghitung seluruh kerugiannya untuk di koordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung.  (Cak Amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close