Belasan Pasien Covid-19 Antre Untuk Mendapatkan Plasma Darah Konvalesen dari UDD PMI Jember


CERITARELAWAN.ID, Jember – Belasan pasien Covid-19 masih antre untuk mendapatkan pplasma konvalesen dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Mereka menunggu penyitas Covid-19 yang mendonorkan plasmanya di unit donor plasma di RSD dr Soebandi Jember. 

UDD PMI Kabupaten jember dan RSD  dr Soebandi memang kerjasama melakukan kegiatan donor plasma konvalesen yang ditempatkan di salah satu ruang milik rumah sakit milik Pemkab Jember tersebut. Kini, unit pelayanan donor plasma tersebut terus melakukan proses produksi plasma konvalesen. 

Berdasarkan catatan UDD PMI Kabupaten Jember, hingga 19 Februari 2021 pasien Covid-19 dengan golongah darah A yang sudah terlayani plasma konvalesen sebanyak 39 kantong, B sebanyak 43, O sebanyak 54 dan AB sebanyak 15 kantong plasama konvalesen. 

"Total 151 kantoing plasma konvalesen yang disearhkan kepada pasien Covid-19 yang dalam kondisi sedang dan berat,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. 

Sedangkan pasien Covid-19 yang sudah antre untuk mendapatkan plasma darah konvalesen sebanyak 16 orang. Rinciannya, pasien Covid-19 dengan golongan darah A sebanyak 9 orang, golongan darah B sebanyak 4 orang, O sebanyak 0 pasien dan pasien dengan golonga darah AB sebanyak 3 pasien. 

"Sudah ada 16 pasienb Covid-19 yang sudah antre, mereka menunggu plasma darah konvalesen  dari UDD PMI Kabupaten Jember,” imbuhnya. 

Sedangkan stok hari ini sudah kosong. Sempat ada satu kantong golongan darh O tetapi sekitar pukul 14.00 kemarin (19/2) juga langsung ada pemasannya.

Diperkirakan jumlah pasien Covid-19 yang antre untuk mendapatkan plasma darah konvalesen bertambah. Sebab, warga Jember dan sekitarnya yang terpapar Covid-19 juga terus bertambah. 

“Kami berharap Covid-19 segera hilang sehingga tidak ada lagi pasien Covid- 19 yang ahtre di unit pelayanan donor plasma konvalesen,” imbuhnya. 

Tetapi, Unit pelayanan donor plasma Konvalesen UDD PMI yang ada di RSD dr Soebandi tetap akan melayani kebutuhan pasien Covid-19. Untuk itu, bagi penyitas Covid-19 diharapkan proaktif untuk ikut donor darah plasma konvalesen. 

"Kami harap p[ara penyitas Covid-19 lebih aktif, masih banyak yang membutuhkan plasma darah konvalesen,” ungkapnya.

Apalagi, unit pelayanan donor darah konvalesen UDD PMI yang da di RSD dr Soebandi melayani pasien Covid-19 tidak hanya dari Kabupaten Jember saja. Tetapi juga daerah sekitarnya. (Cak amin) 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url