Ikuti Lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi, SMPN 11 Magelang Modifikasi Alat Konservasi Air hujan



CERITARELAWAN.ID, Magelang - SMP Negeri 11 Magelang mengikuti lomba Adiwiyata tingkat propinsi yang digelar pada antara bulan Maret-April 2021. 

Adapun visitasi yang akan dilakukan juri adalah melalui online, mengingat pandemi Covid 19 belum berakhir.

Agus Setya Kristyanto, S.Pd, M.Pd Kepala SMP Negeri 11 Magelang mengatakan salah satu upaya untuk mendukung program Adiwiyata tersebut adalah pada poin konservasi air. 

Untuk itu SMP Negeri 11, memodifikasi alat untuk mengolah air hujan menjadi air siap minum menggunakan teknik elektrolisa. 

Cara kerja alat ini cukup sederhana, bisa dibuat di rumah, dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.

Hal ini dilakukan mengingat bulan-bulan ini adalah musim hujan, sehingga pemanfaatan air hujan selain bisa untuk menyiram pohon dan tanaman, bisa juga untuk dimanfaatkan untuk air minum, sehingga kita bisa menghemat air. 

Dibandingkan dengan air sumur atau air dari tuk/umbul/mata air, ternyata air hujan memiliki kesadahan dan padatan terlarut jauh lebih rendah. Terangnya.

Derajat keasaman/pH air hujan pun masih termasuk netral, bukan condong ke asam. Ini kalau konteksnya adalah air hujan di Indonesia, salah satu negeri kawasan tropis yang selalu berkelimpahan hujan. Pungkasnya.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Ikuti Lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi, SMPN 11 Magelang Modifikasi Alat Konservasi Air hujan"

BACA JUGA
close