Merayakan Tahun Baru Imlek Saat Pandemi

Foto klikdokter.com

CERITARELAWAN.ID, Jakarta - Perayaan Tahun Baru Imlek menjadi momen kebersamaan yang ditunggu bagi warga keturunan Tionghoa.

Pada hari raya ini, mereka akan saling mengunjungi sanak saudara untuk berkumpul dan makan bersama.

Namun di tahun ini, hari raya Imlek harus dirayakan dengan cara berbeda. Ya, karena situasi pandemi yang masih di luar kendali, pemerintah mengimbau masyarakat untuk merayakan Imlek dari rumah saja.

Cara Aman Merayakan Imlek di Luar Rumah

Dilansir dari berbagai sumber media, Menteri Agama Indonesia, Yahya Cholil Staquf mengimbau masyarakat untuk merayakan Imlek tahun ini secara virtual dan sederhana.

Kendati begitu, perayaan di rumah ini tidak mengurangi esensi dari pergantian Tahun Baru Imlek.

Hal yang sama disampaikan oleh Satgas COVID-19 dan telah dituangkan ke dalam laman resminya.

Meskipun perayaan Tahun Baru Imlek tak bisa dilakukan seperti biasa, namun kesempatan ini bisa dijadikan refleksi diri sekaligus menjadi momentum berdoa bersama agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

Untuk lebih detailnya, Satgas COVID-19 Indonesia menyarankan perayaan Tahun Baru Imlek di rumah dengan cara berikut ini.

1. Bersihkan Rumah secara Ekstra

Menjelang Imlek, warga yang merayakan umumnya akan melakukan tradisi bersih-bersih di rumah.

Membersihkan rumah bertujuan untuk membuang segala hal buruk dan mengisinya dengan keberuntungan di tahun yang baru.

Agar rumah semakin bersih di masa pandemi, Anda bisa menyemprotkan cairan desinfektan ke sudut ruangan atau benda tertentu.

Semprotkan desinfektan ke pagar, pintu, atau benda lain yang sering disentuh oleh banyak orang.

2. Sajikan Hidangan Bergizi

Tradisi seru di malam Tahun Baru Imlek adalah makan-makan bersama keluarga. Biasanya, Tahun Baru Imlek identik dengan hidangan, seperti kue keranjang, menu ikan bandeng, atau mie goreng panjang.

Nah, pada saat pandemi seperti sekarang, Anda disarankan untuk menambahkan menu yang memiliki nilai gizi tinggi.

Tambahkan sayuran, buah, dan juga makanan sehat lain supaya tubuh tetap bugar selama pandemi.

3. Ganti Kunjungan dengan Video Call

Imlek tahun ini dianjurkan untuk dirayakan dari rumah saja. Hindari dulu tradisi berkunjung ke sanak saudara yang tidak tinggal satu rumah. Kegiatan berkumpul bersama bisa digantikan melalui telepon atau video call.

4. Beri Angpau Melalui Uang Elektronik

Memberi angpau sudah menjadi ciri khas Tahun Baru Imlek. Momen ini umumnya sangat dinanti-nanti oleh masyarakat yang merayakannya.

Karena tak bisa bertatap muka, Anda tetap bisa memberikan angpau Imlek melalui uang elektronik.

5. Tetap Terapkan Protokol Kesehatan!

Hindari keluar rumah atau mengadakan open house. Apabila ada kondisi mendesak yang mengharuskan Anda untuk keluar rumah saat Imlek, tetap patuhi protokol kesehatan yang ada. Gunakan masker, cuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Dokter Dyah Novita Anggraini menegaskan, jika tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah, Anda bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain karena berisiko terpapar COVID-19.

“Karena virus tidak mengenal keluarga, bisa menyerang anggota keluarga lain apabila kita terpapar dan tidak menjaga protokol kesehatan,” kata dr. Dyah Novita.

Oleh sebab itu, tetap patuhi aturan yang sudah dibuat agar perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Bila ada anggota keluarga yang mengalami gejala COVID-19 sebaiknya langsung periksakan ke dokter untuk segera mendapat penanganan yang tepat. (Cak Amin)

Sumber: klikdokter.com
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Merayakan Tahun Baru Imlek Saat Pandemi"

BACA JUGA
close