Selama Januari 2021, Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satgas COVID-19 Sleman Kebumikan 131 Jenazah



CERITARELAWAN.ID, Sleman - Tak kenal lelah, Satgas COVID-19 Kabupaten #Sleman melalui Tim Dekontaminasi dan Pemakaman selalu siaga 24 jam, 7 hari seminggu, guna menunaikan tugas kemanusiaan. Selama Januari 2021 ini, Tim telah memakamkam 131 jenazah pasien COVID-19 yang terkonfirmasi, suspek, maupun probable.

Total sebanyak 371 pemakaman telah dilakukan sejak Tim bekerja selama 283 hari sejak 22 April 2020 hingga Minggu 31 Januari 2021. Artinya 35% dari total pemakaman selama jangka waktu 9 bulan mendominasi di Januari 2021. 

Selain pemakaman, Tim yang terdiri dari gabungan unsur BPBD Kabupaten Sleman, PMI Kabupaten Sleman, dan Komunitas Relawan di bawah koordinasi Forum komunikasi komunitas relawan Sleman / FKKRS ini, juga bertugas melakukan dekontaminasi kendaraan ambulance maupun mobil jenazah yang membawa pasien COVID-19.

Hingga 31 Januari 2021, Tim  telah melayani dekontaminasi sebanyak 2.319 armada dan 5.923 Petugas. Dekontaminasi dilaksanakan di Lokasi Posko Dekontaminasi yang berada di area kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Jl. KRT. Pringgodiningrat, Beran, Tridadi,  Sleman, Yogyakarta 55511.

Bekerja menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) bukanlah hal yang mudah, terlebih menangani dan mengebumikan jenazah. Selain bermodal semangat kerja keras dan keikhlasan, setiap harinya sebelum menjalankan tugas, Tim diberikan arahan atau safety briefing, evaluasi, dan serah terima antar ketua tim, serta selalu dalam pengawasan pengendali posko dekontaminasi.

Selain itu, untuk memastikan kesehatan anggota Tim, maka dilakukan pemeriksaan secara berkala berupa Rapid Test Antigen/Antibody maupun Swab Test PCR/Antigen oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Slemanis, mari kita doakan saudara-saudara kita yang telah meninggal dunia karena COVID-19, juga keluarga yang ditinggalkan, serta tim yang bertugas memakamkan.

Mari tetap waspada, dan mencegah agar diri kita maupun keluarga tidak turut menjadi korban keganasan COVID-19.

Selamatkan diri dan orang yang kita sayangi dengan selalu melakukan CITA MAS JAJAR,
- Cuci Tangan
- Pakai Masker
- Jaga Jarak
serta hindari kerumunan.

Sumber Instagram @KabarSleman
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close