Berdayakan Sibat, PMI Banyuwangi Bedah Rumah


CERITARELAWAN.ID, Banyuwangi - Pasukan merah Sibat Mojopanggung terlihat bersemangat di ujung jalan Hadrah caruk Lingkungan Cungking RT 02 RW 02 Kelurahan Mojopanggung. 

Setelah Senin pada Minggu lalu Yusuf Widyatmoko selaku Ketua PMI Banyuwangi gelar Pembukaan Pemodelan Rumah Aman Gempa atau Retrofitting di Lingkungan Mojoroto. Pagi ini, Senin 22 Maret 2021, PMI Kabupaten Banyuwangi melakukan Pembukaan Program Bedah rumah yang rencana akan diberikan pada 2 rumah warga Kelurahan Mojopanggung dan 2 rumah warga Kelurahan Tamanbaru. Untuk kesekian kalinya Lembaga Kemanusiaan ini selalu menebar manfaat baik untuk masyarakat Banyuwangi.

"Kenapa di Mojopanggung", tanya Subur selaku Babinkamtibmas Mojopanggung sedang mengorek berita pada seorang Sibat. 

" Iya karena Kelurahan Mojopanggung adalah wilayah Program PMI Kabupaten Banyuwangi, dalam Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia dukungsn Palang Merah Amerika, dimana Banyuwangi ini sebagai salah satu Pilot Projectnya," jawab seorang Sibat, salah satu relawan yang aktif terlibat di beberapa kegiatan PMI Banyuwangi.

Dalam selamatan pembukaan Bedah Rumah yang di gelar dengan sangat sederhana , tampak hadir Wakil Ketua 1 bersama Kepala Markas dan Koordinator lapangan PMI Kabupaten Banyuwangi. Serasa lengkap acara tersebut dihadiri Lurah Mojopanggung , Babinkamtibmas dan diramaikan Anggota Sibat Mojopanggung. 

Dalam sambutannya Dr. H Nurhadi MM selaku Wakil Ketua 1 PMI Kabupaten Banyuwangi , beliau menyampaikan harapannya " Semoga Program Bedah rumah bisa membantu warga yang benar benar membutuhkan, dari yang tadinya tempat tinggalnya kurang layak huni setelah dilakukan bedah rumah oleh PMI dan Tim Sibat bisa menjadi tempat tinggal yang layak huni dan memiliki MCK." terang beliau.

Selaku Penanggung jawab Program bedah rumah yang dilakukan di wilayahnya, Tri Kusuma Jaya, S.STP, Lurah Mojopanggung menyampaikan " Sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak PMI Banyuwangi, atas bantuan Program Bedah rumah yang rencana diberikan pada 2 warganya, yang salah satunya yaitu Mbah Amenah usia 76 tahun yang tinggal sendiri di rumah sangat sederhananya, harapannya setelah perbaikan, rumah Mbah Amenah akan menjadi lebih layak huni dan menjadi tempat tinggal yang lebih sehat." terangnya.



Danang panggilan akrab Ketua Sibat Mojopanggung, menjelaskan " Ada tahapan dan Kriteria dalam pemilihan target, selain kurang layak untuk dihuni rumah Mbah Amenah ini dindingnya masih dari anyaman bambu yang sudah melapuk , tidak memiliki toilet dan masih beralas tanah". ungkapnya. "Mujahidin tokoh masyarakat setempat yang juga anggota Sibat menjadi kordinator pelaksana bedah rumah. Mereka bersama beberapa anggota sibat lain menyiapkan banyak hal mulai survey, bongkar, hingga terlaksananya Program Bedah rumah ini," imbuhnya.

Koordinator lapangan program PMI Banyuwangi Ismy memberikan semangat pada Sibat dan berharap semoga Program berjalan lancar , sukses dan bermanfaat.(amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Berdayakan Sibat, PMI Banyuwangi Bedah Rumah"

BACA JUGA
close