Bersama Pemerintah, PMI Tanah Laut Bangun 22 Huntara Untuk Korban Longsor di Dua Desa

PMI Tanah Laut Distribusi Bantuan 22 Terpaulin untuk pembangunan Hunian Sementara dan titik kumpul siaga longsor

CERITARELAWAN.ID, Tanah Laut - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan dalam rangka mengurangi beban penderitaan korban bencana tanah longsor, PMI bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut bersama TNI-POLRI serta beberapa pihak terkait lainnya saling bergotong royong dan bersinergi dalam membangun hunian sementara sembari menata ruang wilayah dimaksud, demikian diungkapkan Bupati Tala HM Sukamta saat meninjau pembangunan hunian sementara pengungsi korban tanah longsor pada Jum'at (12/3/2021) siang di Desa Panggung Baru Kecamatan Pelaihari.

"Warga Desa Panggung Baru dan Tungkaran di sekitaran gunung keramaian ini mengalami trauma dan merasa khawatir jika hujan turun sangat deras, mereka khawatir tanah longsor akan terjadi lagi, karenanya kami siapkan hunian sementara yang sekaligus menjadi titik kumpul jika bencana tersebut kembali terjadi", ungkapnya.

Sukamta juga mengimbau warga sekitar untuk mengenali tanda-tanda akan terjadinya bencana tanah longsor untuk kemudian bersiap-siap menuju titik kumpul.

"Saya harap masyarakat tidak perlu panik, tetap tenang dan kenali tanda-tanda alam karena ketika mau longsor pasti ada tanda-tanda yang salah satunya bunyi gemuruh, kenali semua tanda-tandanya agar kita bisa mengantisipasi saat bencana tersebut akan terjadi", ucap Kamta.

Sementara, Drs. H. Syahrian Nurdin, M. Si Ketua PMI Kabupaten Tala menjelaskan sesuai tugas dan fungsinya, PMI bersama Pemda hadir untuk mengurangi beban penderitaan korban akibat  bencana tanah longsor PMI bersama pemerintah Kabupaten Tanah Laut membangun Hunian Sementara (huntara)

Pembangunan hunian sementara ini sudah berjalan dan akan dibangun sebanyak 22 unit hunian, untuk mengurangi beban penderitaan korban longsor di Desa Panggung Baru dan Tungkaran di sekitaran gunung keramaian."Ujar Drs. H. Syahrian Nurdin, M. Si, Ketua PMI Kabupaten Tala. 

Selain meninjau proses pembangunan huntara, forkopimda juga turut serta membangun salah satu hunian bersama bupati, Wakil Bupati Tala Abdi Rahman, Dandim 1009 Pelaihari dan Kapolres Tala.

Dalam kesempatan ini, Drs. H. Syahrian Nurdin, M. Si bersama Bupati Sukamta juga menyerahkan bantuan berupa 22 buah terpal dari PMI Kabupaten Tala yang diterima secara simbolis oleh Kepala Desa Panggung Baru."pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Tala, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tala, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tala, Camat Pelaihari serta para Pejabat Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Tala. (Ghufron/Cak Amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Bersama Pemerintah, PMI Tanah Laut Bangun 22 Huntara Untuk Korban Longsor di Dua Desa"

BACA JUGA
close