PMI Kota Tangerang Fogging Perumahan Bugel Mas



CERITARELAWAN.ID, Tangerang - Mengantisipasi merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) PMI Kota Tangerang melakukan penyuluhan tentang gerakan 3M Plus dan penyemprotan fogging di rumah-rumah warga yang berada di wilayah perumahan Bugel Mas Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci Kota Tangerang untuk memberantas bibit-bibit nyamuk Aedes aegypti. Tangerang ( 9/03/2021 )

Langkah tersebut diambil ketua Bidang Komunikasi dan Publikasi PMI Kota Tangerang Andri Permana, lantaran di wilayah RW 6 Perumahan Bugel Mas sudah ada yang diduga terkena penyakit DBD.

“Kegiatan fogging ini atas permintaan masyarakat, setelah sejumlah warga di kawasan perumahan ini diketahui menjadi korban gigitan nyamuk pembawa virus dengue, dan kali ini kami laksanakan di wilayah perumahan Bugel Mas Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci” ujar Andri Permana.

Ini inisiatif Kami dari pengurus PMI Kota Tangerang, Kelurahan dan Kecamatan karena sudah ada beberapa warga yang kena DBD karena gejala-gejalanya seperti meriang, bintik-bintik di bagaian tubuh dan badan yang terasa ngilu, kata Andri Permana ketua Bidang PMI Kecamatan Kota Tangerang dan kami juga sudah berkordinasi dengan puskesmas setempat.

Lanjut Andri, sekarang kita bersama - sama masyarakat mulai dari keluarga menggalakkan hidup bersih dan sehat, kebersihan lingkungan dari genangan air tempat perkembangan nyamuk, begitupun di dalam rumah dengan gerakan 3M Plus.

Selain itu Junaedi Lurah Bugel Mas juga  mengatakan seperti Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain, Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya,

Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan,

Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, dan Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Endra Gunawan Ketua RW 06 Perumahan Bugel Mas Mengatakan mengapresiasi kegiatan fooging yang dilaksanakan bersama PMI Kota Tangerang. Menurut dia, upaya pencegahan penyakit DBD perlu dilakukan, agar virus yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti itu tidak menjangikiti masyarakat.

"Pemberantasan sarang nyamuk dengan cara di fogging adalah upaya pencegahan virus BDB. Hari ini, kami bersama PMI Kecamatan Kota Tangerang melakukan fogging. Kami ucapkan terimakasih dan semoga PMI terus bermanfaat untuk orang banyak," pungkasnya. (Cak Amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "PMI Kota Tangerang Fogging Perumahan Bugel Mas "