Relawan PMI Jember Aktif Bantu Pemeriksaan di Perbatasan


CERITARELAWAN.ID, Jember – Tim PMI Kabuaten Jember aktif membantu pemeriksaan di pos penyekatan perbatasan yang masuk wilayah Jember. Antara lain di pos penyekatan di Garahan, tepatnya di depan Pos Polisi, pos perbatasan Sukowono dan Maesan kabupaten Bondowoso, Pos Penyekatan Jelbuk, Pos Penyekatan Semboro dan Pos penyekatan Jobang yang berbatasan dengan Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. 

Tak hanya membantu melakukan pemeriksaan,  Tim PMI juga sigap memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan. Itu pula yang dilakukan tim posko PMI di Pos Penyekatan di Balai Desa Suger Kidul Keamatan Jelbuk Jumat 14 Mei 2021. Saat terjadi kecelakaan lalu lintas di dekat pos penyekatan, tim PMI yang tediri dari Afrizal dan Wahid langsung sigap memberikan pertolongan pertama kepada korban. 

Tim PMI bersama tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan tim kesehatan dari rumah sakit, puskesmas/ klinik di Jember serta tim lainnya Jumat petang melakukan pemeriksaan banyak pengendara yang masuk ke wilayah Jember dari Banyuwangi. Para pengendara diperiksa identitas dan suhu tubuhnya. Selain itu, juga disiagakan penyemprotan desifektan untuk pencegahan penularan Covid-19. 

“Tim PMI bergabung dengan tim penyekatan lainnya, tim PMi ikut membantu memeriksa suhu tubuh para pengendara motor yang masuk ke Jember dari arah Banyuwangi. Hasil pemeriksaan suhu tumbuh para pengendara normal semua,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. 

Dia menjelaskan, tim PMI Kabupaten Jember membantu sesuai tugas pokok dan fungsinya. “Selain itu tim PMI juga membantu memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan seperti yang terjadi di pos penyekatan di Jelbuk,” ungkap pengacara senior Jember tersebut. 

Tim PMI stanbay 24 jam di pos penyekatan perbatasan di Kabupaten Jember. Selama 24 jam penuh tim PMI siaga. “Tim PMI yang berada beberapa pos perbatasan yang siaga 24 jam. Mereka aktif bersama tim gabungan,” imbuh H EA Zaenal Marzuki SH MH. Selain itu, ada juga yang siaga di Pos Klinik Kesehatan PMI di Jl Brawijaya Desa Jubung Kecamatan Sukorambi. 

Selain itu, Tim PMI juga berjaga di sejumlah pantai yang selama ini jadi tujuan wisata bagi para pemudik saat Lebaran. Meski tempat-tempat tersebut ditutup, tetapi pos Lebaran tetap aktif. “Tim PMI juga ikut siaga bersama tim yang lain  di Posko di Pantai Pancer Puger dan Payangan dan tempat lainnya,” ungkapnya. (amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Relawan PMI Jember Aktif Bantu Pemeriksaan di Perbatasan "