Hari Donor Darah Se Dunia , PMI Bondowoso Gelar Donor di KUA

CERITARELAWAN.ID, Bondowosoalang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bondowoso menandai peringatan Hari Donor Darah Sedunia (DDS) pada 14 Juni 2021 dengan mengadakan kegiatan donor darah di KUA Bondowoso. Pengurus melibatkan relawan untuk menyiapkan kebutuhan agar masyarakat mendonorkan darahnya dalam kegiatan tersebut.

Dikutip dari pmijawatimur.com Plt Ketua PMI Bondowoso, Muchamad Taufiq, SH,MH mengatakan pelaksanaan kegiatan donor darah kali ini sebagai bentuk penguatan komitmen PMI dalam memenuhi ketersediaan darah. Sekaligus memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk memiliki semangat mendonorkan darah secara rutin.

Selain untuk kemanusiaan dengan membantu sesama, juga demi menjaga kesehatan. "Kami juga mengajak kepada pendonor pemula sebagaimana tema pada hari DDS 2021 yakni Give Blood and Keep The World Beating. Sehingga ketersediaan darah tercukupi di Kabupaten Bondowoso maupun sekitarnya," ujar Taufiq.

Pada bagian lain, Taufiq menginformasikan untuk menguatan, PMI Bondowoso saat ini memberikan kesempatan kepada 9 relawannya untuk mengikuti pelatihan fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) yang diselenggarakan oleh PMI Provinsi Jawa Timur yang berakhir pada Minggu (13/6/2021) lalu.

Saat ini, lanjut dia, masih tersisa 5 pelatihan lagi yang harus diikuti oleh relawan yang ditunjuk tersebut. Tentunya, mereka tetap harus melakukan konsolidasi secara terus menerus. Karena sudah cukup lama kegiatan relawan di PMI Bondowoso vakum.

"Kita berharap agar para relawan terus secara kontinyu melakukan konsolidasi. Agar mereka mampu memahami tentang tugas dan tanggungjawab relawan. Maklum, selama ini kegiatan relawan di PMI Bondowoso sudah cukup lama vakum," harapnya.

Sisa pelatihan yang harus dijalani berikutnya, di antaranya tentang tanggap darurat bencana, manajemen posko, pertolongan pertama tingkat madya, pelatih general dan bocah. (amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url