PMI Kabupaten Probolinggo Gelar Orientasi Kepalangmerahan Untuk Relawan


CERITARELAWAN.ID, Probolinggo - Dalam meningkatkan kapasitas relawan PMI Kabupaten Probolinggo mengadakan orientasi kepalangmerahan dan pelatihan dasar. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari diikuti oleh 25 orang tenaga ahli dan bertempat di Markas PMI Kabupaten Probolinggo.

Pelaksanaan orientasi Tenaga Sukarela (TSR) ini berdasarkan UU No. 12018 tentang kepalangmerahan, PP No. 07/2019 tentang pelaksanaan UU No. 01/2018 tentang kepalangmerahan, Anggaran Dasar PMI Bab XV pasal 63 tentang wadah, pasal 64 tentang hak relawan, pasal 65 tentang kewajiban relawan, pasal 66 tentang pertemuan relawan, pasal 69-72 tentang pembinaan serta program tahunan PMI Kabupaten Probolinggo Tahun 2021.

Majmal Bahroini Ketua Panitia mengatakan, kegiatan ini cukup efisien karena secara keseluruhan baik orientasi (LURING) yang tetap menjalankn protocol Kesehatan dan dilanjutkan Pelatihan Dasar (DARING) bertujuan untuk mencetak relawan PMI di Kabupaten Probolinggo yang jumlah personilnya"sangat minim" dan untuk kegiatan orientasi (LURING) ini kami konsep sebagai ajang desiminasi nilai - nilai kepalangmerahan kepada calon relawan yang notabene belum mengenal tentang Gerakan Kepalangmerahan, sehingga dirasa perlu dilaksanakan secara tatap muka agar nilai - nilai Gerakan bisa sepenuhnya dapat melekat sebagai dasar calon relawan Ketika nantinya melakukan kegiatan social kemanusiaan sebagai relawan Palang Merah Indonesia (PMI).

25 orang peserta dari beberapa Kecamatan rawan bencana seperti Leces, Pakuniran, Tegalsiwalan, Lumbang dll. Tindak lanjut setelah diadakan orientasi ini akan dilaksanakan pelatihan lanjutan dengan beberapa materi dasar sesuai kurikulum (KSD dasar) melalui via daring, dan zoom meeting. Selain itu juga masing - masing peserta memberikan laporan harian ke posko PMI Kabupaten Probolinggo terkait update situasi dan kondisi di sekitar wilayah Kecamatan, memobilisasi relawan dalan giat pelayanan covid-19 khususnya maupun kegiatan social kemanusiaan lainnya.

Manfaat dilaksanakan kegiatan untuk mendesiminasi nilai-nilai prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan bulan Sabit Merah, memenuhi kebutuhan keterbatasan relawan PMI Kabupaten Probolinggo yang sangat minim, mengevaluasi proses pembinaan Relawan, terutama dalam hal rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan kapasitas. Serta merealisasikan program kerja PMI Kabupaten Probolinggo Tahun 2021 juga Program Tahunan PMI Kabupaten Probolinggo Tahun 2021. (amin)
amin Membangun Negeri Melalui Literasi

Post a Comment for "PMI Kabupaten Probolinggo Gelar Orientasi Kepalangmerahan Untuk Relawan"