Jokowi Resmikan Bendungan Bendo Ponorogo

Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada peresmian Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).(Dok. Sekretariat Presiden)

CERITARELAWAN.IDPonorogo - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Bendungan ini termasuk ke dalam 17 bendungan yang pembangunannya diselesaikan pada 2021.

 "Pada siang hari ini Bendungan Bendo sudah selesai, sudah rampung dan siap difungsikan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur siang hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Jokowi dalam tayangan siaran langsung peresmian melalui YouTube Seketariat Presiden.

Jokowi menjelaskan, bendungan tersebut dibangun dengan biaya Rp 1,1 triliun dan memiliki kapasitas 43 juta meter kubik. Adapun luas genangan air adalah 170 hektare dan tinggi bendungan 74 meter.

"Bendungan ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir sebesar 31 persen atau 117 meter kubik per detik," papar Jokowi.



Daftarkan email Kepala Negara berpesan agar bendungan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan disambungkan ke seluruh jaringan irigasi yang ada.

Jokowi menambahkan, pada 2021 pemerintah telah dan akan menyelesaikan 17 bendungan.

"Artinya produktivitas di bidang pertanian akan ketambahan pasokan air dan kita harapkan akan meningkatkan produktivitas petani-petani kita," tambah Jokowi.

Post a Comment for "Jokowi Resmikan Bendungan Bendo Ponorogo"

BERITA MENARIK LAINNYA
close