Relawan Sibat PMI Sukabumi Edukasi Prokes kepada Anak- Anak


CERITARELAWAN.ID, Sukabumi - paya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan di Kota Sukabumi. Salah satunya dengan mengerahkan relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang merupakan para anggota relawan PMI di tingkat kelurahan.

"Pengerahan relawan ini dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sampai di tingkat kelurahan," ujar Lurah Benteng kecamatan Warudoyong Tri Hastuti, Senin (6/9). Mereka melakukan edukasi dan promosi pencegahan Covid-19 kepada kelompok rentan seperti kalangan anak anak di Taman Pendidikan Qur,an (TPQ)

Sebab kata Tri, kelompok anak anak merupakan kalangan yang sangat rentan terhadap penularan Covid-19. Sehingga para relawan Sibat memberi perhatian khusus dalam upaya pencegahan penyebaran di kelompok tersebut

"Dalam pelaksananya para Relawan SIBAT mensosialisasikan praktek cuci tangan yang benar sebagai upaya promosi PHBS dalam upaya pencegahan covid -19. Dalam teknisnya Para relawan Sibat juga memberikan edukasi dengan cara yang sederhana dan mudah diserap dan diingat,"ungkap Tri

Misalnya mulai cara pemakaian masker, dilanjutkan praktek mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun. Anak anak juga didorong untuk selalu menjaga jarak dan harus menggunakan masker setiap harinya apalagi saat sedang mengobrol atau berkomunikasi.

"Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan dan memberikan paket bantuan PHBS kit kepada para peserta kegiatan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan praktek cuci tangan yang benar," kata Tri

Pemberian paket kebersihan ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada para peserta untuk dipergunakan serta kembali mengingatkan untuk selalu menjaga PHBS.

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengatakan, kegiatan yang dilakukan kelurahan tersebut merupakan rangkaian dari Program penguatan respon Covid-19 melalui dukungan PMI Pusat dan Korea International Cooperation Agency (KOICA)

Dalam pelaksanannya melibatkan relawan Sibat di tingkat kelurahan. Langkah ini sebagai upaya optimalisasi peran aktif relawan dalam pencegahan pandemi Covid-19 di lingkungannya masing masing.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url