Pelatihan Pelatih PMI General PMI Jatim Telah Usai, Apa Kata Mereka Yang Terbaik?

Peserta Terbaik Toriq dari PMI Nganjuk, Luluk dari PMI Kab. Malang dan Joni dari PMI Kab. Tuban

CERITARELAWAN.ID, Gresik - Untuk meningkatkan kapasitas Palang Merah Indonesia Jatim menggelar kegiatan pelatihan pelatih PMI general.

Acara  dilaksanakan di Pusdiklat PMI Jawa Timur selama 7 hari dari tanggal 1 sampai 7 Oktober 2021 diikuti oleh 26 orang peserta perwakilan dari PMI Kabupaten/Kota se Jaqwa Timur dibuka oleh Edi Purwinarto Sekretaris PMI (Palang Merah Indonesia) Jawa Timur  dan ditutup oleh Dwi Suyatno Kepala Markas PMI Jawa Timur

Saat pembukaan Edi Purwinarto mengatakan pentingnya pelatih PMI juga menguasai teori komunikasi dalam memberikan pelatihan. Pelatih jangan hanya sekedar menyampaikan materi saja tanpa melihat apakah pesan itu bisa diterima atau tidak.

"Lazimnya dalam pelatihan, pemateri hanya menyampaikan materinya saja tanpa mengetahui apakah pesan-pesan yang disampaikan itu bisa diterima oleh peserta atau tidak. Padahal peserta memiliki latar belakang yang beragam. Sebab itu pelatih PMI harus juga menguasai komunikasi" Ungkapnya. Jum'at, (01/10/2021)

Sedangkan Dwi Suyanto Kepala Markas PMI Jawa Timur saat menutup kegiatan Pelatihan Pelatih PMI General meminta kompetensi relawan terutam para peserta pelatihan  makin hari harus terus ditingkatkan seiring dengan makin tingginya tingkat kesulitan di lapangan.

“Relawan harus profesional, punya ilmu yang mumpuni. Setiap kehadirannya harus memberikan manfaat kepada masyarakat. Dua hal penting yang wajib dimiliki relawan PMI adalah pengalaman lapangan dan ilmu seperti pelatihan pada hari ini,” Jelasnya. Kamis, (07/10/2021)

Setelah memlaui penilaian dari 26 peserta perwakilan dari kabupaten/kota di Jawa Timur, ada  yang tidak lulus atau belum memenuhi kreteria dan hanya medapatkan piagam saja, sedangkan 22 lainnya dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat. 

Dari 22 orang peserta ada tiga peserta terbaik Pelatihan Pelatih General PMI Jatim Tahun 2021, Berikut pesan, kesan dan harapan mereka?

1. Joni Dwi Julianto Terbaik 1 

Saya Joni Dwi Julianto Relawan PMI kabupaten Tuban saya ucapkan terimakasih untuk kawan - kawan relawan dan staf se Jawa Timur, kalian semua peserta seperjuangan pelatihan pelatih PMI Provinsi jatim yang luar biasa, susah senang kita lalui bersama selama 7 Hari, bertemu dan kenal dengan kawan, 

Disini adalah sebuah anugerah dari Allah, tak lupa juga saya sampaikan terimakasih dan apresiasi untuk pengurus, staf, dan fasilitator PMI prov jatim yang telah bersusah payah merancang kegiatan ini dan Alhamdulillah telah berhasil menyeleggarakan kegiatan ini dengan baik. saya bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini sampai selesai, banyak ilmu, pengalaman, wejangan dari semua kawan", yang mampu menambah pengetahuan, sikap, dan ketrampilan saya, 

Bagi saya mendapat predikat terbaik 1 tidaklah penting, namun yang terpenting adalah kita semua persatuan (korps pelatih) saling menjaga silaturahmi, mau melaksanakan tugas dan mengemban tanggung jawab sebagai calon pelatih di PMI Kab/kota masing",  semoga apa yang kita lakukan selama 7 hari ini bisa bermanfaat untuk individu dan orang lain,  

Akhir kata semangat untuk para relawan PMI. jangan menyerah dan jangan berputus asa karena ini adalah awal baru kita untuk membimbing  relawan - relawan PMI generasi berikutnya 

2. Luluk Wulandari Terbaik 2

Sebagai relawan yang selama ini concern dalam pembinaan, tentu jika ada kesempatan untuk meningkatkan kapasitas akan sangat senang sekali. Awal lolos untuk bisa mengikuti TOT sudah tidak menyangka karena teman- teman yang mendaftar adalah orang- orang yang lebih dahulu bergelut di dunia pembinaan PMI. Tapi Allah mengijinkan Saya untuk berangkat dan dikasih bonus selain bertemu dengan orang- orang hebat se Jawa Timur juga mendapatkan peringkat 2 dalam pelatihan. 

Satu sisi hal ini menjadi kebanggan tapi di sisi lain ini menjadi tantangan besar untuk menjadi motor penggerak di Kabupaten Malang. Semoga mulai sekarang kita (relawan) dapat secara beriringan bersama staff dan pengurus membuat perubahan demi kebaikan PMI Jawa Timur. 

3. Ahmad Torik Terbaik 3

Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar pelatihan saja,, tapi dapat menjadi agen perubahan di masing - masing Kabupaten untuk menstandarkan pelatihan yang sesuai kurikulum agar lebih kompeten, Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Palang Merah Indonesia yaitu profesional dan berintegritas serta bergerak bersama masyarakat, (amin)


Post a Comment for "Pelatihan Pelatih PMI General PMI Jatim Telah Usai, Apa Kata Mereka Yang Terbaik?"

BERITA MENARIK LAINNYA
close