PMI Jatim Gelar Pelatihan Fasilitator BOCA

Wakil Ketua PMI Jatim H. Soebagyo, SW memberi sambutan pembukaan pelatihan Fasilitator BOCA di Gresik ( Foto Priska PMI Jawa Timur)


CERITARELAWAN.ID, Gresik - PMI (Palang Merah Indonesia) Provinsi Jawa Timur berupaya keras meningkatkan kinerjanya agar pelayanan kepada masyarakat lebih optimal.

Upaya itu terus ditingkatkan dengan melakukan pelatihan BOCA yang dibuka oleh  H. Soebagyo SW Wakil Ketua PMI Provinsi Jawa Timur.

Pembukaan pelatihan Fasilitator BOCA (Branch Organisational Capasity Assesment) berlangsung di pusat pelatihan PMI di Gresik, Jawa Timur, Senin (25/10/2821).

H. Soebagyo, SW saat membuka pelatihan menyampaikan, pelatihan akan berlangsung selama enam hari . Pelatihan diikuti 20 orang, 12 diantaranya dari perwakilan kabupaten/kota dan selebihnya dari PMI Provinsi Jawa Timur. 

Menurut Soebagyo peserta pelatihan ini nantinya yang akan diterjunkan untuk melakukan assesment PMI Kabupaten/Kota.

"Mana saja yang akan dilakukan uji petik, karena sifatnya dadakan, tentu disesuaikan dengan kondisi. Obyeknya adalah organisasi, SDM dan relawannya". Ungkapnya

Tugas PMI itu melakukan pelayanan di bidang kemanusiaan dengan tepat waktu. Namun organisasi PMI juga harus baik. Kondisi daerah satu sama lain tentu berbeda-beda. Sebab itu kelayakan tersebut akan bisa dinilai oleh tim ini. 

"Ada tiga hal yang menjadi tugas BOCA dan perlu untuk diperhatikan yakni untuk memperbarui analisa kerentanan dan apresiasi pelengkap atas kapasitas organisasi cabang dan bagaimana kinerjanya saat ini" Jelasnya

Lalu untuk mencapai konsensus tentang prioritas peningkatan cabang dan untuk mengembangkan rencana operasional untuk memperkuat dan mempertahankan kapasitas penyampaian layanan dan ketahanan masyarakat. Pihaknya meminta agar peserta betul-betul mengikuti petunjuk instruktur dari pusat sebab ini yang akan menjadi patokan. Tambahnya

Dua instruktur di antaranya Abdul Djailani dan Iqomah Fahma Ernasanti dari PMI Pusat, dan Florensia dan Syahrudin dari International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies. Pungkasnya (amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url