PMI Ponorogo Ikuti Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi

Bupati Ponorogo saat cek kesiapan pasukan apel siaga bencana hidrometeorologi (foto PMI Kabupaten Ponorogo)


CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi Pemkab Ponorogo menggelar apel pasukan dan perlengkapan.

Apel digelar di Alun-alun Ponorogo diikuti oleh BPBD, TNI, Polri, Damkar, Satpol PP, Dishub, Polhut KPH Lawu, Tagana, PMI dan Potensi SAR yang ada di Ponorogo.

Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo menyampaikan dari 12 potensi bencana di Jatim, Ponorogo punya 9 ancaman bencana. Di antaranya banjir, longsor, angin puting beliung serta kebakaran hutan dan lahan.

"Dalam rangka menghadapi kemungkinan bencana alam, karena kita tahu Ponorogo ini bagian dari Jatim menjadi supermarket bencana alam apapun itu. Maka kesiapan harus kita apelkan," tutur Sugiri Sancoko, Senin (25/10/2021).

Sugiri Sancoko mengungkapkan pemetaan bencana sudah dilakukan BPBD Ponorogo untuk pengantisipasian. Ini berdasarkan kejadian bencana tiap tahun di Bumi Reog Ponorogo.

"Tadi juga ada kerekan, gergaji atas yang diserahkan ke petugas," ujar Sugiri.

Imam Basori Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo menambahkan, pihaknya setidaknya memetakan 10 kecamatan yang memiliki risiko bencana tinggi. 

"Di antaranya kecamatan yang berada di area pegunungan seperti Kecamatan Slahung, Ngrayun, Sawoo, Ngebel, Pulung, Pudak, Sooko, Badegan maupun Ponorogo (kota)," terang Basori.


Basori melanjutkan, area kota tetap memiliki potensi bencana. Terutama bencana banjir. Sebab, muara aliran sungai di Ponorogo berada di kota, tepatnya di Sungai Sekayu.

"Kita juga memetakan jalur evakuasi di masing-masing wilayah," Terangnya

Jalur evakuasi, lanjut Basori, dipetakan oleh masing-masing relawan. Pasalnya, tiap relawan sudah dibekali dengan pelatihan serta simulasi bencana. Sehingga mereka sudah menyiapkan jalur evakuasi di wilayah yang memiliki potensi bencana. 

"Ini sudah kita petakan mengenai mitigasi bencana," Tambahnya



Sementara itu M. Nur Amin Zabidi Staf PMI Kabupaten Ponorogo menambahkan, kami menerjunkan personil dalam kegiatan apel sebanyak 7 personil terdiri dari unsur relawan PMI dan staf.

"Dalam menanggulangi bencana, PMI Kabupaten Ponorogo siap menerjunkan personil untuk terjun ke lokasi bencana tersebut". ucapnya.

Kami terus berupaya membantu Pemerintah Kabupaten Ponorogo, baik bidang penanggulangan bencana, kesehatan maupun di bidang pelayanan lainnya. Pungkasnya. (amin)
close