Tim Vaksinator Covid-19 PMI Jember Blusukan ke Daerah Pinggiran


CERITARELAWAN.ID, Jember – Tim Vaksinator PMI menyasar daerah pinggiran dalam menjalankan program sentra vaksinasi PMI kemarin (8/9). Ternyata antusiasme warga daerah pinggiran untuk vaksinasi cukup tinggi di Desa Pondokdalem Kecamatan Semboro, Desa Rowoasri Kecamatan Sumberjambe dan Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari. Kegiatan Vaksinasi yag dilakukan PMI kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember. 

Sentra vaksinasi PMI yang dilaksanakan tim vaksinator PMI Kabupaten Jember dengan sasaran 1.400 orang di pinggiran. Menggunakan vaksin sinovac untuk dosis pertama dan dosis kedua. “Alhamdulillah, vaksinasi yang dilaksanakan PMI di tiga lokasi berjalan lancar dan masyarakat dipinggiran ternyata antusias untuk vaksin,’ kata drg Ayu Dwi Anggraeni, Penanggungjawab tim vaksinator  sentra vaksinasi PMI Jember.  

Dokter Ayu, sapaan karibnya, yakin kesadaran masyarakat untuk vaksinasi yang meningkat akan mempercepat menciptakan herd immunity COVID-19. “Kesadaran masyarakat untuk vaksin yang besar seperti ini akan mempercepat herd immunity COVID-19,” ungkap kepala klinik pratama PMI Kabupaten Jember yang bermarkas di Jl Brawijaya Desa Jubung Kecamatan Sukorambi tersebut.

Dia menjelaskan di tiga lokasi vaksinasi, PMI Kabupaten Jember mengerahkan 13 tim vaksinator yang dibantu tenaga kesehatan dari dinkes yang bertugas puskesmas setempat. “Ini program sentra vaksinasi PMI yang kerja sama dengan dinas kesehatan,” imbuh perempuan cantik asal Desa Seruni Kecamatan Jenggawah tersebut. 

Melihat antusiasme warha untuk vaksinasi, sambungnya, tim vaksinator PMI juga makin tambah semangat. Sebab, prosentase warga Jember yang sudah vaksin masih rendah. “Informasi yag kami terima masih 26 persen, harapannya segera sampai 50 persen agar statusnya yang kini level 3 turun menjadi level 1,” imbuhnya. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menjelaskan bahwa program Sentra Vaksinasi PMI merupakan program PMI pusat. “Ada sejumlah PMI yang diberi kepercayaan oleh PMI Pusat untuk menjalankan program sentra vaksinasi PMI, salah satunya PMI Kabupaten Jember,” terangnya. 

Dia menjelaskan, bahwa PMI Kabupaten Jember sejak muncul pandemic COVID-19 sangat proaktifdalam upaya penanganan COVID-19.”Sejak awal PMI Jember proaktif dalam upaya pencegahan sampai penengan COVID-19, termasuk  pegantaran jenazah sampai memporoduksi plasma konvalesen, kini ganti menyelenggarakan vaksinasi sendiri,” terangnya. 

Sebelumnya, PMI hanya mensuport kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan lembaga lain.kini PMI menyelanggaran vaksinasi sendiri. “Kami harap masyarakat berbondong-bondong ke sentra vaksinasi agar pandemi COVID-19 segera berakhir dan kehidupan kembali normal lagi,”pungkasnya. (amin)
amin Membangun Negeri Melalui Literasi

Post a Comment for "Tim Vaksinator Covid-19 PMI Jember Blusukan ke Daerah Pinggiran"