Melalui Donor Darah Sukarela PMI Jember Himpun 77 Kantong

Suasana Donor Darah Sukarela PMI Jember (Foto Ghufron PMI Jember)

CERITARELAWAN.ID, Jember - Tim Penggerak PKK Desa Tempurejo Kecamatan Tempurejo turut serta menjaga ketersediaan darah PMI Kabupaten Jember. Tim  Penggerak PKK Desa Tempurejo  menggelar bakti sosial donor darah di balai Desa  Tempurejo, Kamis 25/11. Penggerak PKK Desa Tempurejo menyumbang 33 kantong darah ke UDD PMI Kabupaten Jember. 

Di tempat terpisah, pada hari yang sama UPT Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi (PK Disperindag) Jawa Timur di Jember sumbang 44 kantong darah. Sehingga total darah yang berhasil dihimpun dalam kegiatan donor darah sukarela sebanyak 77 kantong darah. 

Ketua Tim penggerak PKK desa Tempurejo Ny. Moch. Yusuf mengatakan kegiatan kemanusiaan ini hasil inisiatif Ibu ibu PKK dan bahkan panitia pelaksana iuran membuat kaos donor darah sendiri.  "Hari ini tim penggerak PKK desa Tempurejo berhasil sumbangkan 33 kantong darah untuk menjaga ketersediaan darah PMI Kabupaten Jember. " kata Ny. Moch. Yusuf.

Sementara, kegiatan donor darah juga digelar dalam rangka memperingati hari Pahlawan dan Korpri, UPT Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi (PK Disperindag) Jawa Timur di Jember sumbang 44 kantong darah. 

Kepala UPT PK Disperindag Jatim di Jember Tri Soebijantoro mengatakan kegiatan sosial berupa donor darah ini merupakan kegiatan ke tiga kalinya. ” Pertama pada saat peringatan hari konsumen April 2021, kita menggelar donor darah dan terkumpul 26 kantong darah. Kegiatan kedua, saat HUT Kemerdekaan RI terkumpul 26 kantong darah. Dan hari ini peringati hari pahlawan dan korpri terkirim 44 kantong darah,” kata Tri Soebijantoro kemarin.

Untuk kegiatan donor darah kali ini, kata Tri Soebijantoro diharapkan dapat menambah persediaan darah PMI Jember lebih banyak lagi. Karena pihaknya telah mengundang beberapa lembaga dinas Provinsi di Jember dan pelajar SMA / SMK di Kabupaten Jember untuk berpatisipasi.

“Di Jember ada 25 lembaga SMA dan SMK di Jember untuk mengirimkan 5 siswanya untuk donor. Kalau datang semuanya, berarti 125 kantong terkumpul. Belum lagi dari lembaga teknis (UPT) yang ada di wilayah Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, Situbondo dan Kabupaten /Kota Probolinggo, jika hadir semua akan lebih bagus lagi,” harapnya. (amin)