PMI Banyuwangi Latih Sibat Kalipait

PMI Banyuwangi Saat Latih Sibat Kalipait (Foto Ismy PMI Banyuwangi)

CERITARELAWAN.ID, Banyuwangi - Guna meningkatkan kapasitas masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana terutama bagi wilayah di desa yang rawan bencana, PMI Kabupaten Banyuwangi mengadakan Pembentukan dan Pelatihan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) untuk yang kedua kalinya di Tahun 2021 ini yaitu di Desa Kalipait Kec. Tegaldlimo.

Pembukaan Pelatihan SIBAT dilaksanakan pada tanggal 23 November 2021 yang diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PMI. Kemudian sambutan dari Kepala Desa Kalipait, sambutan Camat Tegaldlimo yang diwakili oleh Ketua PMI Kecamatan Tegaldlimo yang menyampaikan bahwa wilayah Desa Kalipait merupakan wilayah rawan bencana yang diapit hutan, laut dan gunung. Harapannya peserta mengikuti pelatihan dengan baik dan sampai selesai.

Selanjutnya acara dibuka oleh Wakil Ketua I PMI Kabupaten Banyuwangi Dr. H. Nurhadi, MM yang ditandai dengan Penyematan tanda peserta. 

Wakil Ketua I PMI Kabupaten Banyuwangi Dr. H. Nurhadi, MM menyampaikan bahwa sesuai UU No. 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

"Penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan berdasarkan Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yakni Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, Kesemestaan dan PMI mempunyai Tugas Pokok salah satunya  membantu pemerintah dalam penanganan musibah dan/atau bencana baik pada Pra, Saat, maupun Pasca Bencana". Ungkapnya

Semnata itu Ismy Panitia pelaksana kegiatan menambahkan, sasaran Pelatihan SIBAT adalah perwakilan masyarakat yg sudah dipilih oleh pemerintah desa yang terdiri dari Unsur Tokoh Masyarakat, Badan Perwakilan Desa, Linmas, PKK, Karang Taruna, Kader Posyandu, Bidan dan perwakilan perangkat Desa sebanyak 30 orang. 

Materi Pelatihan SIBAT sesuai dengan Kurikulum KBBM PERTAMA yang diterbitkan oleh PMI Pusat. Pelatihan diakhiri dengan Simulasi, Evaluasi dan Penyusunan RKTL. Pungkasnya (amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url