PMI Kota Kediri Gelar Pelatihan Training Of Fasilitator PMR

Sekretaris PMI Kota Kediri Abdul Gani Murdiantoko membuka pelatihan TOF PMR (Foto PMI Kota Kediri)
CERITARELAWAN.ID, Kediri - Dalam rangka meningkatkan kapasitas fasilitator Palang Merah Remaja yang biasa dikenal dengan PMR yang telah dimiliki oleh masing - masing unit sekolah serta menyiapkan fasilitator yang handal PMI Kota Kediri menyelenggarakan Pelatihan Fasilitator PMR (TOF).

Pembina/Fasilitator PMR penting dalam membangun karakter dengan jiwa kemanusiaan sejak dini guna memenuhi tujuan umum organisasi sebagai pelaksana pelayanan kemanusiaan serta memperkuat pola pengelolaan organisasi PMR pada unit sekolah masing - masing.

`Tujuan diadakan pelatihan fasilitator adalah meningkatkan kompetensi fasilitator PMR di semua tingkatan PMR dan sebagai sarana evaluasi pembinaan PMR di unit-unit sekolah. Harapan kedepannya adalah tersedianya fasilitator yang berkompeten, berkarakter serta memiliki integritas yang tinggi.

Selain itu juga usai pelatihan ini ada evaluasi atas Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) yang dikumpulkan peserta ke PMI dan dari RKTL tersebut nantinya ada tindak lanjut secara menyeluruh. Pelatihan dimasa pandemic berjalan cukup efisien dengan penerapan protocol Kesehatan`, ujar Drs. Abdul Gani Murdiantoko, Sekertaris PMI Kota Kediri.

Dengan mengikuti pelatihan saya senang bangga dan bersemangat. Kami mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang kepalangmerahan manajemen organisasi PMR, komunikasi serta eveluasi kegiatan.

Tentu akan menambah bekal bagi pelatih pembina dan fasilitator PMR di unit masing masing, sehingga kegiatan PMR diharapkan semakin meningkat secara kualitas dan kuantitas. Terpenting lagi kegiatan ini membentuk jejaring komunikasi antara PMI Kota kediri dengan unit-unit PMR. Maka berbagai problematika PMR di lembaga pendidikan dapat teridentifikasi dan kegiatan ini sebagi sarana untuk memunculkan solusi yang efektif sesuai dengan keadaan dan kebijakan di masing-masing unit`, tambah Edi Sutiono, S.Pd. peserta berasal dari MTs Negeri 3 Kediri.

Kegiatan TOF ini diselenggarakan sejak tanggal 22 s/d 28 November 2021 bertempat di ruang diklat PMI Kota Kediri diikuti oleh pembina PMR madya dan wira terpilih sebanyak 30 orang dari 40 orang pendaftar yang lolos seleksi. Dalam pelatihan tersebut diberikan materi - materi antara lain: karakter anak dan remaja, mengorganisir anak dan remaja serta pembinaan PMR dan relawan. (amin)

Post a Comment for "PMI Kota Kediri Gelar Pelatihan Training Of Fasilitator PMR"