PMR SMK 4 Pancasila Ambulu Gelar Donor Darah dan Bazar

Suasana saat PMR SMK 4 Pancasila Ambulu Gelar Donor Darah dan Bazar (Foto Ghufron Humas PMI Jember)


CERITARELAWAN.ID, Jember – Palang Merah Remaja (PMR) SMK 4 Pancasila Ambulu Kabupaten Jember mulai aktif beraktivitas disaat jumlah korban COVID-19 mulai menurun. PMR SMK 4 Pancasila Ambulu menggelar aksi kemanusiaan donor darah bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. 

Bersamaan itu, PMR SMK 4 Pancasila Ambulu menggelar acara bazar yang diikuti oleh SMK 1 Pancasila, SMK 2 Pancasila, SMK 3 Pancasila, SMK 4 Pancasila dan SMA Pancasila. “Alhamdulillah anak PMR proaktif dalam acara donor darah, mereka malah menggelar acara bazar lingkup yayasan pendidikan Panca Prasetya, yayasan yang menaungi sekolah,” kata Dewi Saniya Kartika Sari, Ketua PMR SMK 4 Ambulu. 

Dia menjelaskan, acara donor darah diikuti oleh 44 peserta. “Dari 44 orang yang mendaftar ada 12 orang yang tertolak karena tidak memenuhi syarat untuk donor darah seperti tensi terlalu rendah atau terlalu tinggi, HB juga ada yang tidak standar,” terangnya. Acara donor darah digelar mulai pukul 13.00 sampai 16.00. 

Banyak siswa SMK 4 Pancasila Ambulu yang mendaftar untuk ikut donor darah. “ Donor diselenggarakan dikarenakan rasa ingin tahu teman-teman tentang donor darah dan juga keinginan untuk tetap aktif di masa pandemi. Teman-teman pingin belajar membuat kegiatan,” kata Randy Dwi Candra Winduananda, fasilitator PMR SMK 4 Pancasila Ambulu. Dia menjelaskan, donor  dilaksanakan atas kerjasama dengan UDD PMI Kabupaten Jember. 

“Acara donor darah di sekolah-sekolah terus digalakkan di masa pandemic COVID-19. Donor darah disekolah juga untuk menjaring pendonor darah pemula,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. Tak lupa, Zaenal Marzuki mengucapkan terima kasih kepada anggota PMR SMK 4 Pancasila Ambulu yang aktif menyelenggarakan donor darah. (amin)