Belajar Donor Darah, PMR MTs Nadhatul Tholabah Yasinat kunjungi UDD PMI Jember

PMR MTs Nadhatul Tholabah Yasinat saat kunjungi UDD PMI Jember (Foto Ghufron PMI Jember) 
CERITARELAWAN.ID, Jember - Palang Merah Remaja (PMR) Madya MTs Nadhatul Tholabah Yasinat melaksanakan Wisata Edukasi dengan berkunjung ke UDD PMI Jember Jumat (10/12). Sejumlah anggota PMR melihat langsung proses donor darah sampai pengolahan di UDD PMI Kabupaten Jember. Anggota PMR  MTs Nadhatul Tholabah Yasinat Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember itu antusias saat di UDD PMI.

Rombongan PMR Madya MTs Nadhatul Tholabah Yasinat berjumlah sepuluh anak dipimpin langsung ketuanya Nalal Huda Maulana dengan didampingi oleh tiga gurunya. Mereka langsung diterima oleh UDD PMI Kabupaten Jember. Sebelum melihat langsung donor dan pengolahan darah mereka mendapatkan pemaparan dulu dari UDD PMI Kabupaten Jember. 

Para anggota PMI diberi penjelasan detail tentang proses kegiatan donor darah dan pengolahan darah. Termasuk tentang proses donor plasma konvalesen yang khusus hanya ambil plasmanya yang beberapa waktu lalu aktif untuk membantu pasien COVID-19.  

Para anggota PMR Madya dari MTs Nadhatul Tholabah Yasinat nantinya diharapkan meneruskan menjadi PMR Wira agar tetap menjadi bagian dari relawan kemanusiaan PMI. Salah satunya untuk aktif menjadi pendonor darah. “Kami harapkan anggota PMR Madya dari MTs Nadhatul Tholabah Yasinat menjadi penerus relawan pendonor PMI,” kata Akmal Fauzan dari UDD PMI Kabupaten Jember. 

Gurita Dwi Kuning A.S, Koordinator P2D2S UDD PMI Kabupaten Jember menjelaskan, menjadi pendonor aktif banyak manfaatnya bagi kesehatan. “Setiap akan donor akan dicek tensi, HB-nya. Kalau tidak lolos maka akan mendapatkan masukan petugas kesehatan PMI  agar tetap sehat, minimal tensi dan HB darahnya normal,” terangnya. 

Selain itu, bagi pendonor yang lolos maka darahnya akan disharing mengandung penyakit atau tidak. “darah dari pendonor minimal dites mengandung virus HIV, Hepatitis, Sipilis atau tidak. Kalau ditemukan ada kandungan virus tersebut maka darah akan dimusnahkan tidak ditransfusikan ke pasien di rumah sakit,”terangnya. 

M. Nasrullah S, guru yang menjadi pendamping PMR Madya dari MTs Nadhatul Tholabah Yasinat mengucapkan banyak terima kasih atas pengetahuan yang diperoleh anak asuhnya yang wisata edukasi ke UDD PMI Jember. “Terima kasih kepada UDD PMI yang menerima PMR Madya dari MTs Nadhatul Tholabah Yasinat,” kata M. Nasrullah S. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menyatakan bahwa  PMI adalah milik masyarakat. “Kami sangat terbuka kepada masyarakat, tidak hanya PMR, KSR atau relawan PMI lain, masyarakat umum boleh datang ke UDD untuk tanya soal donor darah dan lainnya,” kata H EA Zaenal Marzuki SH MH. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengapresiasi PMR Madya  MTs Nadhatul Tholabah Yasinat yang ingin belajar tentang donor darah dan pengolahannya ke UDD PMI. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang donor darah dan pengolahannya. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Posting Komentar untuk "Belajar Donor Darah, PMR MTs Nadhatul Tholabah Yasinat kunjungi UDD PMI Jember"