Gandeng BKKBN, PMI Babel Siapkan 4000 Dosis Vaksin bagi Warga Desa

PMI Babel dan BKKBN saat rapat bersama terkait vaksin (Foto Humas PMI Babel)
CERITARELAWAN.ID, Pangkal Pinang – Langkah nyata untuk membantu Pemerintah dalam mempercepat vaksinasi covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggandeng BKKBN Babel.

Dalam kerja sama dengan BKKBN tersebut, PMI Babel telah menyiapkan sebanyak lebih kurang 4000 dosis vaksin bantuan dari Kementerian Kesehatan RI, dengan target sasaran warga di desa-desa yang belum tersentuh vaksin.

Guna membahas teknis rencana pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat desa itu, Kamis (23/12/2021) sore, PMI Babel menggelar rapat yang di pimpin langsung Ketua PMI Babel Abdul Fatah, bersama seluruh Pengurus PMI Babel, PMI Kabupaten/Kota se-Babel, dan Kepala BKKBN Babel.

Ketua PMI Babel yang juga Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah mengatakan, berdasarkan informasi dari Ketua Satgas Covid-19, realisasi vaksinasi di Babel sampai hari ini mencapai angka 76 persen, dan ditargetkan hingga akhir Desember 2021 bisa ke angka 80 persen.

Oleh karena itu, PMI Babel ingin berkontribusi terhadap persoalan ini, dengan langkah menyasar warga-warga desa yang belum tersentuh vaksin covid.

“Untuk mencapai sasaran itu, kita butuh data. Makanya PMI menggandeng BKKBN, karena kita tahu BKKBN memiliki tenaga penyuluh KB yang ada di desa-desa. Vaksinasi kita lakukan setelah data-data warga desa yang belum di vaksin di Babel didapatkan,” ujar Abdul Fatah.

Dokter Andri Nurtito Kabid Pelayanan Darah yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel menjelaskan, 4000-an dosis vaksin tersebut saat ini disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi, dan siap kapan saja untuk digunakan.

Disebutkan dokter Andri, untuk capaian target vaksinasi, Babel berada di level 7 secara nasional. “Jadi, silakan kita manfaatkan vaksin ini, dalam rangka membantu pemerintah daerah Babel mempercepat capaian vaksinasi ini,” kata dokter Andri.

Kepala BKKBN Babel Fazar Supriadi menyambut baik keinginan Ketua PMI Babel. Ia menyatakan siap membantu dan bekerja sama menyukseskan vaksinasi yang akan diselenggarakan PMI Babel ini, melalui tenaga-tenaga kader KB yang ada di tiap desa di Babel.

Begitu pula dengan Ketua PMI Bangka Barat dokter Hendra, Ketua PMI Bangka Selatan, Kepala Markas PMI Belitung, Kepala Markas PMI Bangka, Pengurus PMI Bangka Tengah, dan Pengurus PMI Pangkalpinang semuanya menyatakan siap mendukung pelaksanaan vaksinasi covid-19 di wilayahnya masing-masing.

“Kami PMI Bangka Barat bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Bangka Barat sudah mulai jalan dengan target sasaran vaksinasi adalah pelajar,” sebut dokter Hendra. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Posting Komentar untuk "Gandeng BKKBN, PMI Babel Siapkan 4000 Dosis Vaksin bagi Warga Desa "