Ketua Umum PMI Jusuf Kalla : Terimakasih Relawan


Ketua Umum PMI Jusuf Kalla bersama Ketua PMI Jawa Timur H.Imam Utomo. S
CERITARELAWAN.ID, Surabaya – Menjelang peringatan hari Relawan yang jatuh pada 26 Desember 2021 nanti, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat HM Jusuf Kalla mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas relawan yang terus berjuang bersama PMI untuk membantu menangani bencana kemanusiaan yang terjadi di masyarakat.

“Tentu kami mengucapkan terima kasih kepada relawan. Karena mereka bekerja secara sukarela atau iklas untuk kemanusiaan dengan sepenuh hati. Bahkan, mereka selalu hadir lebih dulu setiap ada bencana atau masyarakat yang butuh pertolongan,” ujar JK –sapaan akrab Jusuf Kalla yang ditemui saat berkunjung ke Markas PMI Jawa Timur, Senin (20/12/2021).

JK juga mengingatkan bahwa PMI adalah organisasi kemanusiaan yang selalu berada di depan dalam penanganan bencana yang terjadi di masyarakat. Karena itu, harapan ke depan memasuki tahun 2022, sesuai dengan program PMI akan tetap sebagai organisasi yang selalu membantu masyarakat yang mengalami kesulitan. Baik itu, musibah, gempa ataupun banjir. “Kita harus  mempersiapkan dengan baik dengan dengan berbagai latihan maupun kesiapan logistik kita selalu siap siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” harapnya.

Yang penting, semangat petugas dan relawan di PMI tidak kendor untuk membantu penanganan bencana. “Kita harus memegang prinsip hadir di lokasi bencana paling lambat 6 jam setelah kejadian. Itu sebagai bentuk kesiapsiagaan PMI dalam membantu masyarakat yang mengalami bencana,” tambah Mantan Wapres RI ini.

Disinggung soal bencana alam Gunung Semeru yang saat ini terjadi di Lumajang, diakuinya JK  didampingi Sekjen PMI Dr Sudirman Said dan  Ketua PMI Jawa Timur H. Imam Utomo S ini memang sepertinya penanganannya bakal butuh waktu yang lama. Sebab, masyarakat yang tertimpa bencana sudah kehilangan rumah dan harta benda yang rusak dan terkubur pasir abu Semeru.

Tentu lanjut JK bahwa PMI juga tidak tinggal diam dalam ikut membantu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki PMI. Misalnya penyediaan sistem air bersih. Diharapkan di lokasi penampungan dan tempat tinggal sementara ada pemanfaatan sistem air bersih yang sangat dibutuhkan.

Jusuf Kalla berkunjung ke Markas PMI Jatim disambut oleh Ketua PMI Jatim H Imam Utomo S bersama jajaran pengurus PMI Jatim. Sementara JK sendiri selain didampingi Sekjen PB PB Dr Sudirman Said, juga Sekjen PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruqutni dan Ketua Bidang Organisasi PP DMI Irjen Pol Guntur Laupe. (amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url