Respon Erupsi Semeru, PMI Kota Malang Kirim Relawan

Foto PMI Kota Malang


CERITARELAWAN.ID, Malang - PMI Kota Malang menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, Minggu (5/12) siang. Rombongan relawan PMI dan bantuan diberangkatkan dari Kantor PMI Kota Malang sekitar pukul 11.48.

Kepala Pelayanana PMI Kota Malang Heri Suwarsono mengungkapkan setidaknya ada 12 anggota dan relawan PMI Kota Malang yang berangkat ke lokasi musibah. Dalam tim tersebut terdapat satu dokter dan dua perawat yang siap membantu memberikan pertolongan medis kepada korban terdampak.

“Kami juga memberangkatkan anggota dan relawan untuk evakuasi. Sehingga bisa memberikan bantuan apabila ada kondisi darurat saat di lapangan,” ujarnya.

Heri juga mengatakan bahwa PMI Kota Malang telah menyiapkan alat utama evakuasi. Terdiri dari satu unit Light Rescue Carrier, ambulans, sepada motor tril, dua unit gergaji mesin, satu unit genset, firs aid kit (kotak pertolongan pertama), kabel rol, kota peralatan, serta truk engkel untuk evakuasi.

Bantuan ini diberangkatkan secara serentak, dengan harapan bisa mempercepat proses penanganan. Selain itu dengan bantuan yang diberikan korban terdampak atas kejadian tersebut bisa terus ditekan hingga ke angka terendah.

“Kami juga sudah menyiapkan bantuan untuk konsumsi. Harapannya ini dapat membantu memenuhi kebutuhan korban dan relawan selama proses evakuasi berlangsung,” lanjutnya.

Untuk operasional petugas yang dikerahkan dari PMI Kota Malang sudah menyiapkan untuk kebutuhan dan keperluan tim. Mulai dari alat kebersihan hingga suplai makanan selama tugas perbantuan ke lokasi kejadian bencana.

“Kami akan langsung menuju ke Lumajang, kami sudah petakan untuk jalur-jalur yang bisa dijangkau. Tim juga sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga bisa prima dalam melaksanakan tugas,” pungkasnya. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Posting Komentar untuk "Respon Erupsi Semeru, PMI Kota Malang Kirim Relawan"