3 Anak dilaporkan terserang DBD, PMI Jember Fogging 100 rumah

PMI Jember Saat Fongging rumah warga ( Foto Ghufron Humas PMI Jember)
CERITARELAWAN.IDJember - Sebanyak 100 rumah yang ada di dua perumahan dilakukan pengasapan atau fogging oleh Relawan Palang Merah Indonesia, Kabupaten Jember pada Rabu pagi (05/01/22). 

Pengasapan dilakukan setelah dilaporkan ada tiga anak terserang penyakit Demam Berdarah Dengue dan telah menjalani perawatan medis. 

Pengasapan untuk memberantas penyebaran penyakit yang ditularkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti yang selalu bersarang di tempat kotor serta genangan air. 

Pengendalian tersebut untuk mencegah penyebaran yang semakin luas di masyarakat khususnya radius 100 meter dari rumah warga yang terjangkit. 

Dari pantauan di Perumahan Green Garden, RT08 RW 07, kelurahan tegal gede, kecamatan sumbersari pengasapan atau fogging dilakukan pada 60 rumah. 

Di lokasi tersebut dilaporkan ada 1 anak yang terserang DBD dan telah menjalani perawatan medis. 

“Untuk disini ada satu anak yang menderita DBD, jadi sebagai bentuk antisipasi di awal supaya warga kita aman dari penyakit Demam Berdarah,” tutur Aditya, Salah Seorang Pengurus RT saat ditemui dilokasi fogging.  

Begitu pula dengan di Cluster Pondok Indah, Perumahan Puri Nirwana RT 02 RW 021, kelurahan karangrejo, Relawan PMI Jember yang mengguakan dua alat fogging menyemprot sebanyak 40 rumah dikarenakan ada dua anak dilingkungan tersebut yang dilaporkan terjangkit penyakit DBD.

“Sakitnya itu sejak seminggu lalu dan dua hari kemarin sudah pulang dan disini ada dua anak, dan mudah mudahan dengan fogging ini tidak ada lagi yang terserang DBD karena dilokasi kami banyak rumah kosong,” kata Anang Fajri, Ketua RT Cluster Pondok Indah.
 
Selain melakukan fogging, relawan PMI juga menghimbau warga untuk menerapkan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur) sehingga lingkungan tetap bersih khususnya di sepanjang selokan yang dimusim penghujan saat ini banyak terdapat genangan air yang memicu perkembangan biakan nyamuk.  

“Dari laporan warga tersebut serta permintaan pihak rukun tetangga setempat, kami melakukan pengasapan sebagai bentuk pengendalian penyebaran penyakit yang ada di masyarakat, dan hari ini ada dua perumahan dengan total 100 rumah warga” tegas Rupianto, SP, Kepala Markas PMI Kabupaten Jember yang turut mendampingi kegiatan fogging. 

Selain fogging, Relawan PMI Jember juga melakukan sosialisasi pada warga untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dilingkungan rumah masing masing sebagai bentuk pencegahan penularan penyakit DBD yang kini perlu diwaspadai selain juga penyebaran covid-19 yang masih belum berakhir. (amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url