DBD, Permintaan Trombosit di PMI Ponorogo Meningkat

Kegiatan Donor Darah Sukarela UDD PMI Ponorogo (Foto PMI Ponorogo)
CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Permintaan trombosit melonjak akhir-akhir ini bersamaan meningkatnya kasus demam berdarah dengue (DBD) termasuk permintaan di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Ponorogo. 

dr. Andy Nurdiana D.Q. M. Kes Kepala UDD PMI Kabupaten Ponorogo mengatakan awal Januari ini sudah 65 kantong trombosit yang keluar. 

‘’Hampir setiap hari kami memisahkan darah trombosit,’’ kata Kepala UDD PMI Ponorogo Andy Nurdiana, Jum'at (14/01/2021).

Andy mengungkapkan permintaan trombosit mulai meningkat sejak Desember lalu. Bahkan, totalnya mencapai 162 kantong. Sebelumnya UDD PMI Kabupaten Ponorogo rata-rata hanya melayani 30 permintaan trombosit setiap bulan. 

"Meskipun ada kebutuhan untuk penyakit lain, tapi DBD masih mendominasi,’’ ujarnya.

"Alhamdulillah, tidak pernah kesulitan memenuhi permintaan darah trombosit. Sebab, hampir setiap hari ada pendonor datang". Ungkapnya

"Tatkala persediaan sedang kosong, Andy sengaja memanggil relawan untuk sudi mendonorkan darah. Saat ini, kantong darah A trombosit sedang menipis. Sedangkan untuk golongan darah O, B, dan AB lebih dari lima kantong". Terangnya

"Proses untuk memisahkan darah utuh (whole blood) ke trombosit butuh waktu sekitar dua jam, darah trombosit harus diberikan ke pasien dalam keadaan fresh (segar). Umur trombosit hanya lima hari sejak pengambilan darah. Jika lebih dari itu, maka selnya sudah mati dan harus dimusnahka". Jelasnya 

"Untuk mempertahankan umur trombosit, maka darah itu harus ditempatkan di lemari pendingin agitator atau kulkas bergerak. Suhu yang dipasang antara 22 sampai 24 derajat, Kalau akhir-akhir ini kami tidak pernah membuang trombosit karena hampir setiap hari ada permintaan,’’ Tambahnya

Andy tetap menghimbau kepada masyarakat jangan takut untuk donor darah ke PMI, pelayanan tetap dibuka selama 24 jam dan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“ayo silahkan datang ke PMI Kabupaten Ponorogo untuk donor darah, karena tetesan darah anda sangat berarti bagi nyawa mereka” pungkasnya. (amin)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "DBD, Permintaan Trombosit di PMI Ponorogo Meningkat"