Pembangunan Huntara Korban APG Semeru Bantuan PMI Lumajang Dimulai

Budi Santoso Ketua PMI Kabupaten Lumajang saat peletakan batu pertama huntara korban APG semeru (Foto Rini PMI Lumajang)
CERITARELAWAN.ID, Lumajang - Terbitnya surat keputusan Bupati dan Peraturan Bupati tentang lokasi,penyelenggara dan  pembagian lokasi Hunian sementara (Huntara) membuat 70 lembaga pemberi bantuan bergerak cepat melaksanakan pembangunan.

Salah satunya PMI kabupaten Lumajang, yang di SK Bupati nomer 30 tahun 2022 masuk sebagai pemberi bantuan nomor urut 32.Dari total 2.170 Huntara yang akan dibangun tahap pertama PMI kabupaten Lumajang mengambil peran 20 unit Huntara. 

Tahap pertama dibangun 6 unit di lokasi blok C 15 nomer 7-12 di dusun Umbulrejo atau biasa dikenal dusun Njeplak desa Sumber Mujur kecamatan Candipuro.

Peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Huntara PMI kabupaten Lumajang, dilaksanakan oleh Ketua PMI Kabupaten H.Budi Santoso, SH Msi.Pelaksananya tenaga sukarelawan (TSR) PMI yang sudah mengikuti orientasi kepalangmerahan. 

"Bismillahirrahmanirrahim, peletakan batu pertama pembangunan Huntara PMI kabupaten Lumajang dimulai,semoga Allah memberikan kelancaran dan hasilnya bisa bermanfaat bagi penyintas korban APG gunung Semeru", ujar Budi Santoso Ketua PMI Kabupaten Lumajang. Senin, (24/01/2022)

Budi mengungkapkan di lokasi Huntara seluas 81,55 hektar yang semula kawasan hutan, saat ini sudah diratakan dan proses pembangunan Huntara tahap pertama sebanyak 590 unit. 

"Sesuai peraturan Bupati nomor 1/2022 tentang penyelenggaraan Huntara, per KK menerima lahan 10x14 meter persegi. Luas Huntara 6 x 4,8 meter". Terangnya

"Dengan spesifikasi tehnis dalam Huntara ada satu kamar tidur ukuran 3x2,4 meter, kamar mandi 1,5x1,5 meter, ruang serba guna dan teras. Kriteria Huntara juga ditentukan dalam peraturan Bupati itu, antara lain harus melindungi dari potensi bencana, memenuhi aspek kesehatan, ramah terhadap kaum rentan, konsep rumah tumbuh dan huntara itu paling sedikit bisa bertahan 2 tahun". Jelasnya

"Penyintas yang akan menghuni hunian sementara itu antara lain dari dusun Kamar Kajang, Kebondeli Utara, Kebondeli Selatan, dan dusun Kajar Kuning desa Sumberwuluh kecamatan Candipuro". Tambahnya

Pantauan di lokasi Huntara, para pemberi bantuan sejak Sabtu,22/1/2022 mulai melakukan pembangunan sesuai peta lokasi yang sudah dituangkan dalam SK Bupati nomer 30 tahun 2022. 

Instalasi listrik dari PLN juga sudah dilakukan dengan pemasangan jaringan tiang dan kabel listrik. Medio akhir Maret Huntara diharapkan Huntara sudah bisa dihuni.(Rin/amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url