8 Tips Anak Mudah Hafal Al-Quran Dengan Cepat

Foto ceritarelawan.id
CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Sahabat, bagaimana sih tips agar mudah mengajarkan anak hafal Al-Quran - Yang mendukung buah hati agar mudah mengenal dan menghafal Al-Quran adalah terletak pada orang tua masing-masing. 

Orang tua yang beragama Islam tentu ingin anak-anaknya pintar membaca dan menghafal Alquran. 

Salah satu hal yang paling mudah dan awal mengajarkan anak-anak untuk hafal Al-Quran adalah bacaan surah-surah pendek.

Ada beberapa tips yang bisa anda praktekkan agar anak anda lebih mudah menghafal Al-Quran yakni sebagai berikut,

1. Menggunakan Flash Card

Apa itu Flash Card ?

Flash Card adalah Sebuah kartu yang biasanya terbuat dari kertas karton kemudian di berikan warna-warni yang berisi huruf hijaiyah. Tujuan memberikan warna-warni pada kartunya agar anak merasa dirinya lagi bermain tetapi tanpa sadarkan diri kalau anak anda lagi sedang belajar.

Karena salah satu yang membuat anak mudah mengingat dari yang telah di ajarkan adalah dengan memberikan pelajaran unik apakah itu berbentuk permainan dan cara lainnya.

2. Gunakan Media Video Kartun

Seperti yang telah di ucapkan tips pertama bahwa memberikan pelajaran unik terhadap anak-anak adalah cara tepat agar ingatannya lebih mudah mengingat pelajaran.

Salah satunya adalah menggunakan media video kartun. Banyak sekali platform video yang bisa anda manfaatkan untuk mencari hafalan surah-surah pendek yang di hafalkan oleh orang yang berbentuk kartun.

Karena anak-anak tentu suka video kartun. sehingga ketika anak anda terbiasa menonton video kartunnya sedikit demi sedikit dia akan ikut mengucapkan apa yang dia dengar.

Jadi ini tips juga yang bisa anda gunakan setiap hari agar memori anak lebih mudah menangkap bacaan Al-Quran. Apalagi kalau umurnya masih 2 tahun.

3. Membaca Hafalan Surat Pendek Sebelum Tidur

Kalau anda biasa menyanyikan lagu anak-anak sebelum tidur maka alangkah baiknya agar menggantikan dengan bacaan ayat suci Al-Quran agar anak anda terbiasa mendengarnya sehingga itu akan memudahkan otak anak lebih cepat mengenal dan menghafal ayat suci al-quran. 

Atau kalau anak anda sudah berumur 5-7 tahun sebelum tidur biasakan berbaring di sampingnya lalu menguji bacaan surah pendek yang sebelumnya anda ajarkan agar otaknya selalu aktif sehingga sukar untuk melupakan hafalannya.

4. Menyetel Speaker Bacaan Surah-Surah Pendek

Agar anak anda lebih mahir lagi dalam menangkap bacaan Al-Quran yakni dengan membiasakan pendengarkan bacaan surah-surah pendek baik berupa kaset mp3 atau berupa speaker. Banyak sekali speaker bacaan Al-Quran yang bisa anda beli sebagai bahan penghafal Al-Quran anak anda.

Baik speakernya sebagai pengantar tidur atau anda juga bisa pendengarkan bacaan tersebut di pagi hari setelah bangun tidur. 

Karena jika anak selalu mendengarkan bacaan Alquran di mana-mana maka semakin mudah juga bagi anak untuk menghafalnya.

5. Mulailah Menguji Hafalan Anak

jika anak anda sudah hafal surah-surah pendek maka sudah waktunya anda mengujinya tanpa bantuan anda melanjutkan bacaannya. Tetapi ketika anak anda salah bacaannya atau lupa bacaan selanjutnya maka jangan sekali-kali untuk menegurnya atau memarahinya.

Karena kalau membiasakan memarahi anak selama pembelajaran ia akan merasa tertekan, takut atau sampai-sampai anak anda tidak bisa lagi fokus menghafal sebab selalu mengingat kemarahan anda.

Jadi cara menghadapi anak-anak agar selalu percaya diri adalah ketika ia lupa maka berikan semangat atau memberikan awalan bacaan yang dia lupa agar anak anda melanjutkan membacanya.

6. Berikan Jadwal Hafalan

Memberikan jadwal hafalan kepada anak merupakan suatu hal terpenting untuk lebih menguatkan hafalannya. Kenapa? Karena jika anak anda bolong-bolong menghafal apalagi kalau anak sudah pintar bermain bersama teman-temannya kemungkinan dia lupa hafalannya.

Jadi biarkan anak bermain tetapi berikan jadwal hafalannya agar dia tahu kewajibannya untuk menghafal. Karena jika anda hanya mengfokuskan anak hafal terus apalagi umurnya sudah 7 tahun bisa-bisanya anak anda akan capek dan malas.

Sehingga pendapat Bangdaha dalam proses belajar itu tidak boleh di paksakan tetapi harus giat belajar. Sama halnya batu yang keras meskipun anda menyirami air ribuan liter tetapi hanya di lakukan sekali dua kali maka batu itu tidak akan bisa lapuk. Tetapi meskipun hanya di sirami setetes air namun selalu di sirami maka tidak lama kemudian batu itu lapuk dan menjadi debu.

7. Konsisten Mengajarkan Anak Menghafal Al-Quran

Nah, setelah anda berhasil menerapkan tips-tips di atas maka langkah selanjutnya adalah anda harus konsisten memberikan pelajaran kepada anak-anak anda agar dia terbiasa. Karena semakin terbiasa anak anda mendengar lantunan bacaan kitab suci Al-Quran maka dia tidak sulit lagi untuk menghafal bacaan alquran selanjutnya. 

8. Berdoa Kepada Allah SWT

Tips terakhir adalah anda sebagai orang tua ketika sedang shalat atau setelah shalat minta lah kepada Allah SWT agar anak anda mudah untuk menangkap ilmu yang diajarkan dan bisa mengamalkan ilmunya ke jalan Allah SWT Karena doa seorang ibu itu adalah mustajab.

Jadi dalam mengajarkan anak untuk mudah menghafal adalah dengan membiasakan anak anda pendengarkan bacaan kitab suci Al-Quran baik sebelum tidur atau sedang bermain dan jangan lupa menguji dan berikan jadwal hafalan dan setidaknya satu surah dalam satu hari. Intinya orang tua harus konsisten mengajarkan kepada anak tanpa ada tekanan.

Itulah tips cara mudah mengajarkan anak hafal Al-Quran dengan cepat. Semoga ilmu ini dapat bermanfaat untuk banyak orang.
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "8 Tips Anak Mudah Hafal Al-Quran Dengan Cepat"

Get new posts by email: